BK Rekomendasikan Pemberhentian Dodi Hendra Sebagai Ketua DPRD Kab Solok

POLITIK-1097 hit

AROSUKA - Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Solok menjatuhkan sanksi dengan merekomendasikan pemberhentian Jabatan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Solok Periode 2019-2024 kepada Ketua DPRD Dodi Hendra.

"Keputusan ini sudah sesuai dengan Pasal 20 Peraturan DPRD Kabupaten Solok Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Kode Etik DPRD Kabupaten Solok," ujar Wakil Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Solok Dian Anggraini, Jumat (20/8) dalam Rapat Paripurna.

Rapat paripurna ini digelar dalam rangka peenyampaian Laporan Keputusan Badan Kehormatan atas hasil Penyelidikan,Verifikasi dan Klarifikasi atas Pengaduan Pimpinan DPRD, anggota DPRD dan/atau Masyarakat.

Rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua Ivoni Munir dihadiri olehWakil Bupati Solok Jon Firman Pandu, Wakil Ketua II Lucki Effendi, anggota DPRD, Forkopimda, Sekwan Mulyadi Marcos dan SKPD Pemkab Solok.

Disebutkan Dian, BK menyatakan Sdr. Dodi Hendra telah melakukan pelanggaran sedang sebagaimana diatur dalam Pasal 19 ayat (3) Peraturan DPRD Kabupaten Solok Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Kode Etik DPRD Kabupaten Solok.

Berdasarkan hasil pemeriksaan keterangan dari Pelapor (Pengadu), saksi-saksi, pemeriksaan atas bukti/petunjuk dan keterangan Teradu (Sdr. Dodi Hendra) serta keterangan para ahli yang dihadirkan, paparnya, sebagai bagian dari proses penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi atas pengaduan yang dimaksud, menyatakan bahwa Sdr. DODI HENDRA anggota DPRD Kabupaten Solok periode tahun 2019-2024 dari Partai Politik Gerinda tidak menjalankan kewajibannya.

Hal ini termaktub dalam Pasal 373 junto Pasal 401 ayat (1) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang Susunan dan Kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 42 tahun 2014. dan perbuatannya mengandung pelanggaran Hukum.

BK ini akan disampaikan pada Gubernur Sumbar untuk bisa melaksanakan langkah selanjutnya terhadap keputusan pemberhentian pada kader Partai Gerindra ini. (Fen)

Sumber: Suhanews.co.id

Loading...

Komentar

Berita Terbaru