Menuju Kelurahan Statistik,Diskominfo Sumbar Berikan Pembinaan Kepada Kelurahan Di Payakumbuh

PEMERINTAHAN-281 hit

PAYAKUMBUH - Menuju kelurahan statistik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berikan pembinaan ke Kelurahan Tigo Koto Diate dan Kelurahan Kapalo Koto Dibalai.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kopay Diskominfo, Jumat (20/08) tersebut dihadiri oleh Kabid Statistik Diskominfo Sumbar, Kepala BPS Kota Payakumbuh, Diskominfo Kota Payakumbuh, Camat Payakumbuh Utara, Lurah Tigo Koto Diate dan Lurah Kapalo Koto Dibalai.

Kabid Statistik Diskominfo Sumbar Oni Fajar Syahdi menyebut Kelurahan Tigo Koto Diate sudah ditetapkan sebagai kelurahan statistik sejak 2020 lalu, dan tahun 2021 ini Payakumbuh mengajukan Kelurahan Kapalo Koto Dibalai menuju kelurahan statistik.

Baca Juga


Makanya Diskominfo Provinsi Sumbar dan BPS Kota Payakumbuh melakukan pembinaan untuk mewujudkan pengelolaan data yang berkualitas dan valid di kelurahan tersebut sebagai sumber pertama data wilayah.

"Kita akan berikan pembinaan di dua Kelurahan ini sampai menjadi kelurahan statistik kemudian berlanjut hingga menjadi desa cantik nasional," katanya.

Oni mengatakan untuk tahap awal ini akan menjadikan Kecamatan Payakumbuh Utara dengan sembilan kelurahannya sebagai pilot projek untuk kecamatan statistik di Payakumbuh.

"Kita menargetkan di tahun 2025 nanti Provinsi Sumbar menjadi provinsi statistik yang berangkat dari nagari/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi," ucapnya.

Sementara itu Plt. Kepala Diskominfo Kota Payakumbuh Armein Busra mengatakan akan terus memberikan dukungan untuk terwujudnya kelurahan statistik hingga Kota Payakumbuh menjadi Kota Statistik.

"Sebagai wali data kita siap memberikan dukungan penuh, tentu dengan arahan dari Diskominfo provinsi dan BPS Kota Payakumbuh," Kata Plt. Kadis Kominfo didampingi Kabid Kehumasan Diskominfo Aulia Fajrin.

Dikesempatan itu juga Kepala BPS Kota Payakumbuh Dessi Febriyanti mengatakan akan terus memberikan pembinaan hingga tercipta data yang aktual sesuai dengan kaidah statistik di setiap kelurahan.

"Makanya dukungan dari pemerintah kota sangat diperlukan untuk menuju kelurahan statistik ini," pungkasnya.

(Do)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru