Penambahan Lokal Sangat Mendesak di Ponpes Darul Ulum Padang Magek Tanah Datar

PENDIDIKAN-501 hit

PADANG MAGEK - Mengingat makin bertambahnya jumlah santri dari tahun ke tahun, maka untuk mengantisipasi agar tidak kekurangan ruangan belajar di masa mendatang, pengurus Ponpes Darul Ulum Padang Magek, Tanahdatar, Sumbar berencana membuat lokal baru.

"Alhamdulillah pekerjaannya sudah dimulai. Pembangunan yang dikerjakan sekarang membuat ruangan belajar mengaji. Panjang 34 m. Lebar 9 m. Nanti di dalamnya diberi pembatas sederhana saja," kata Syahyuti Abbas salah seorang pengurus melalui pesan elektronik, Rabu, (18/8).

Disebutkan, beberapa kebutuhan bahan bangunan yang diperlukan antara lain: besi 10 untuk tonggak sebanyak 80 batang dengan harga Rp.89.000 perbatang. Besi begol 100 batang dengan harga Rp.30.000 perbatang. Kawat ikat 25 kg harga Rp.10.000 perkilo. Semen 80 zak harga Rp.64.000 perzak. Pasir Rp.270.000 per oto kecil. Upah kepala tukang dan 1 orang tukang pembantu Rp 250.000 per hari.

"Tukang sudah bekerja sejak hari Senin lampau. Mereka cukup dua orang saja dahulu mengansurnya, mengingat kondisi keuangan pondok," kata Syahyuti.

Disebutkan, hadir di hari Senin lalu itu, H. Jakfar Tuanku Imam Mudo Guru Besar Pesantren Darul Ulum Padang Magek dan B. Datuk Murun pengurus pondok pesantren itu.

Menurut Syahyuti, hingga kini Darul Ulum baru punya satu gedung utama berlantai dua sekaligus aula dan lokal belajar dan asrama putri. Satu mushalla kapasitas 300 orang. Satu bangunan lokal belajar lantai dua semuanya 4 lokal. Satu work shop menjahit. Satu asrama putri dan satu asrama putra. Dua MCK. Selain itu untuk asrama putra dan tempat mengaji juga dipakai surau masyarakat sekitar.

Meski demikian, katanya, karena kekurangan tempat untuk belajar, hingga kini kegiatan belajar mengajar untuk lebih kurang 300 orang santri, dipakai juga ruangan mushalla.

"Tempat belajar kita belum cukup. Oleh karena itu dalam waktu dekat, perlu kita tambah lokal baru. Bangunan sederhana pun jadilah," jelas Syahyuti sembari membuka kesempatan bagi kaum muslimin dan muslimat untuk bersedekah.

Uluran tangan kaum muslimin dan muslimat dapat salurkan ke BRI Batusangkar No. Rek 5416.01.003692.53.9. Rekening ini atas nama Pondok Pesantren Darul Ulum Padang Magek. (R/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru