Sumbar Sabet 3 Nominasi Nasional Program Inovasi Desa 2019

PEMERINTAHAN-646 hit

Penulis: bim | Editor: Marjeni Rokcalva

JAKARTA - Provinsi Sumatera Barat berhasil menyabet tiga dari sembilan kategori Program Inovasi Desa 2019. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar itu diterima oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kadis PMD Sumbar, Syafrizal, di Hotel Merlynn Park, Senin (25/11/2019).

Ketiga nominasi yang diraih Provinsi Sumatera Barat itu adalah Tim Inovasi Kabupaten Sijunjung, Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam dan Posyandu Desa Sikalang, Kota Sawahlunto.

Setelah pemberian penghargaan, acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Nasional, Program Inovasi Desa Tahun 2019, yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhajir Effendy.

Baca Juga


Syafrizal yang dihubungi via telepon usai menerima penghargaan menegaskan, kegiatan PID yang dilaksanakan dari 2017 telah membawa wajah baru Sumatera Barat dalam mengelola pelaksanaan dana desa.

"Hal ini berdampak pada pelaksanaan kegiatan tepat waktu sesuai perencanaan dan pelaksanaan baik kegiatan capturing, replikasi, peningkatan kapasitas yang dijalankan sesuai ketentuan program," tegas Syafrizal.

Mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini melanjutkan, pihaknya sedang merancang dengan Konsultan Pendamping Wilayah II terkait keberlanjutan PID ini di Sumbar melalui dana daerah, sehingga praktik cerdas yang telah dilahirkan terkait pelaksanaan inovasi desa dapat menjadi rujukan bagi desa dan nagari dalam pelaksanaan kegiatan dana desa pada periode berikutnya.

"Semoga konsep inovasi yang akan digelar oleh Pemerintah Provinsi Sumbar dalam bentuk Bursa Inovasi Desa bisa kita wujudkan di tahun 2020 di tingkat provinsi," tandas Syafrizal.

Dari provinsi yang menerima penghargaan, terdapat 434 Daerah pelaksana Inovasi Desa dan 7.094 kecamatan yang menggawangi PID di Indonesia.

(bim)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru