Cendekiawan dan Sosiolog Asal Minang Mochtar Naim Meninggal Dunia

PERISTIWA-679 hit

PADANG - Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah, Tokoh Masyarakat Minang Prof. Dr. Mochtar Naim, M.A., Minggu (15/8/2021).

Mochtar Naim meninggal dunia di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok sekitar pukul 11.00 WIB. Beliau meninggal dunia pada usia 89 tahun.

Semasa hidupnya, Mochtar Naim adalah salah satu cendekiawan terkemuka Ranah Minang. Ia merupakan sosiolog, pemikir, dan sempat menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Mochtar Naim lahir di Sungai Penuh, Kerinci pada 25 Desember 1932. Buku "Ensiklopedi Minangkabau" mencatat, kedua orang tua Mochtar berasal dari Banuhampu, Agam.

Ia menyelesaikan master bidang sosiologi di McGill University, Kanada pada tahun 1961. Kemudian menyelesaikan doktor sosiologi di University of Singapore pada tahun 1975.

Disertasinya "Merantau, Pola Migrasi Suku Minangkabau" kemudian dicetak jadi buku, dan menjadi salah satu rujukan penting dalam kajian masyarakat Minangkabau.

Selain menjadi dosen tamu di berbagai negara di luar negeri, Mochtar Naim sempat menjadi Dosen Sosiologi di Universitas Andalas. Ia menjadi salah satu pendiri fakultas sastra pada 1982. Jurusan Sosiologi saat itu menjadi bagian fakultas sastra sebelum kemudian beralih ke FISIP.

Mochtar Naim sempat menjadi anggota fraksi utusan daerah di MPR RI, utusan Sumbar pada tahun 1999-2004. Pada tahun 2004-2009, ia menjadi anggota DPD mewakili Sumbar.

Hingga beberapa bulan sebelum wafat, Mochtar masih aktif dalam berbagai diskusi dan seminar terkait Sumatra Barat dan Minangkabau. (Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru