Warga Nagari Guguak Keluhkan Kelangkaan Pupuk dan Hama ke Anggota DPRD Sumbar JJ Dt. Gadang

POLITIK-1742 hit

PADANG PARIAMAN - Giliran menjemput dan menyerap aspirasi ke Nagari Gugak Kecamatan 2x11 Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman, Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni (JJ) Dt. Gadang, SE menerima keluhan tentang kelangkaan pupuk dan serangan hama pada tanaman padi warga. Kedua, masalah ini jelas berpengaruh pada hasil panen.

Disamping itu, warga juga meminta bantuan bibit tanaman Porang, karena tanaman ini cukup menjanjikan dan cocok di tanam di Guguak yang berhawa sejuk ini. Keluhan lain, yakni masalah sampah yang semakin mengganggu areal pertanian. Masalah ini akan bertambah bila musim durian tiba, ditambah dengan sampah kiriman dari hulu sungai.

Keluhan ini disampaikan warga saat Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni (JJ) Dt. Gadang, SE, memanfaatkan masa reses kedua tahun 2021, di Dapil Padang Pariaman dan Kota Pariaman di Nagari Guguak Kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga


Pertemuan yang pimpin Wali Nagari Guguak, Ahmad Yani Kamil ini, berlangsung hangat penuh kekeluargaan dengan menerapkan protokol kesehatan di aula Kantor Wali Nagari Gugak. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Babinkamtibmas, para Wali Korong, Niniak Mamak, Cadiek Pandai, Kelompok Tani, Kader Posyandu, dan kelompok Kube.

"Kami dan masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan JJ Dt. Gadang. Apalagi, sejumlah keinginan akan disampaikan masyarakat dengan beragam permohonan. Intinya meminta perbaikan sarana dan prasarana perekonomian di Nagari Katapiang, sehingga perekonomian dan kehidupan sosial kemasyakatan masyarakat menjadi tambah baik, apalagi sedikit terpuruk saat pandemi ini," kata Wali Nagari Guguak, Ahmad Yani Kamil .

Dalam kesempatan ini, JJ Dt. Gadang, SE menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan selama pandemi saat ini. Masyarakat diminta untuk memetuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Karena pandemi saat ini masih belum reda.

"Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan jaga kebersihan," katanya.

Kemudian, untuk semua aspirasi yang disampaikan, JJ Dt. Gadang, SR, akan memperjuangkan dan bukan berjanji. Karena semua aspirasi ini akan diperjuangkan dalam anggaran APBD Sumbar, terutama akan dialokasikan dalam rencana dana pokir yang ditempatkan di dinas terkait.

Khusus masalah sampah, JJ Dt. Gadang, minta surat pengantar dari Pemerintah Nagari dengan dukungan warga, sehingga bisa diperjuangkan lewat dana Pokir, seperti pengadaan kendaraan pengangkut sampah di tiap korong. Sedangkan untuk pengadaan bibit Porang, JJ Dt. Gadang meminta kepada kelompok tani menyampaikan surat dengan disertai persetujuan Wali Nagari berikut surat bukti lahan, minimal 1 hektar.

"Bahkan melihat kondisi daerah yang berada di ketinggian, bibit durian unggul bisa juga diserahkan disini, silahkan diajukan," katanya.

Untuk kelangkaan pupuk dan serangan hama padi, JJ Dt. Gadang akan berkoordinasi dengan instansi terkait, terutama menyangkut pola distribusi dan kuota di tiap nagari. Sedangkan serangan hama, harus jadi perhatian dinas terkait.

"Fungsi penyuluh pertanian juga ditingkatkan dalam mengatasi masalah yang dihadapi petani," ujar anggota Komisi II dari Fraksi Gerindra ini.(MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru