Warga Kapalo Hilalang Keluhkan Jalan Rusak dan Langkanya Pupuk ke Anggota DPRD Sumbar JJ Dt. Gadang

POLITIK-1841 hit

PADANG PARIAMAN - Menjemput dan menyerap aspirasi ke Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2x11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, Anggota DPRD Sumbar Jasma Juni (JJ) Dt. Gadang, SE mendapat permintaan dari masyarakat, agar beberapa ruas jalan tani yang ada di nagari mendapat perbaikan dan perawatan. Tak, hanya itu, para kelompok tani (Keltan) juga mengeluhkan susahnya mendapat pupuk bersubsidi, sehingga lahan pertanian tidak bisa menghasilkan panen yang optimal.

Tak hanya mengeluhkan hal diatas, pengurus Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Kapalo Hilalang, juga minta perubahan status dari sekolah swasta ke sekolah negeri MA bisa terealisasi. Sedangkan petugas Posyandu, meminta adanya bantuan alat untuk melaksanakan Posyandu di Nagari.

Keluhan ini disampaikan warga saat Anggota DPRD Sumbar JJ Dt. Gadang, SE, memanfaatkan masa reses kedua tahun 2021, di Dapil Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Kamis (12/8/2021) di Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2x11 Enam Lingkung

Pertemuan yang dimotori langsung Plt Sekretaris Wali Nagari Kapalo Hilalang, Ilmam Perdana Haris bersama Ketua Bamus Nagari Kapalo Hilalang, Nasrul Hamidi berlangsung penuh kekeluargaan dengan menerapkan protokol kesehatan di aula SDN 05 2x11 Enam Lingkung. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, para Wali Jorong, Niniak Mamak, Cadiek Pandai, Kelompok Tani, Kader Posyandu, pengurus MAS dan kelompok Kube.

"Kami dan masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan JJ Dt. Gadang. Apalagi, sejumlah keinginan akan disampaikan masyarakat dengan beragam permohonan. Intinya meminta perbaikan sarana dan prasarana di NagariKapalo Hilalang, sehingga perekonomian dan kehidupan sosial kemasyakatan masyarakat menjadi tambah baik," kata Plt Sekretaris Wali Nagari Kapalo Hilalang, Ilmam Perdana Haris.

Dalam kesempatan ini, JJ Dt. Gadang, SE menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan selama pandemi saat ini. Masyarakat diminta untuk memetuhi protokol kesehatan (Prokes) dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Karena pandemi saat ini masih belum reda. Data adanya puluhan warga Nagari Kapalo Hilalang yang positif Covid-19, itu harus jadi perhatian bersama mematuhi prokes.

"Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan jaga kebersihan. Dan bila ada warga yang positif, diminta simpatinya dalam memberikan semangat kepada pasien, baik secara materil dan moril," katanya.

Kemudian, untuk semua aspirasi yang disampaikan, JJ Dt. Gadang, SR, akan memperjuangkan dan bukan berjanji. Karena semua aspirasi ini akan diperjuangkan dalam anggaran APBD Sumbar, terutama dana pokir yang ditempatkan di dinas terkait.

Khusus perbaikan beberapa ruas jalan tani, JJ Dt. Gadang, minta surat pengantar dari Pemerintah Nagari dengan dukungan warga, sehingga bisa diperjuangkan lewat dana Pokir di APBD Sumbar 2022.

Untuk kelangkaan pupuk, JJ Dt. Gadang akan berkoordinasi dengan instansi terkait, terutama menyangkut pola distribusi dan kuota di tiap nagari.

"Sarana dan prasarana yang baik tentu menambah kemudahan masyarakat dalam beraktifitas, peningkatan produksi pertanian tentu harus didukung irigasi yang baik, pupuk yang memadai. Juga, jalan yang baik dan lancar, jelas mempermudah penduduk, anak sekolaah, para petani dalam menjual hasil tani ke pasar," sebutnya. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru