Wako Bukittinggi Erman Safar Pimpin Apel Kegiatan Tantingan Tahap II Bagi Calon Paskibraka 2021

PEMERINTAHAN-241 hit

BUKITTINGGI - 54 calonPasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bukittinggi Tahun 2021 yang berasal dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kota Bukittinggi akan mengikuti Kegiatan Pemusatan Latihan Tahap II yang disebut dengan istilah 'tantingan'.

Tanda memasuki pemusatan latihan itu dilakukan apel bersama yang dipimpin Walikota (Wako) Bukittinggi Erman Safar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat di Hotel Dymens, Bukittinggi, Selasa (10/08/2021).

Menurut Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Bukittinggi, Nenta Oktavia, menjelaskan, upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 tahun 2021 ini tetap dilaksanakan, tetapi tidak seperti sebelum pandemi Covid-19. Pada tahun ini, karena masih pandemi Covid-19, peserta upacara sangat terbatas dengan prokes yang ketat.

Baca Juga


Apel "tantingan" ini merupakan latihan tahap II bagi calon anggota Paskibraka Bukittinggi 2021 di Hotel Dymens yang dipilih sebagai Desa Bahagia atau tempat pemusatan latihan tahap II, dari tanggal 10-18 Agustus.

Selama pemusatan latihan ini, seleruh anggota calon Paskibraka, dan pelatih serta pembina menerapkan prokes yang ketat, masker tidak boleh lepas dari menutup hidung, dan mulut.

"Sebelumnya, kegiatan pelatihan tahap I telah dilaksanakan dari tanggal 1-9 Agustus 2021 lalu juga dengan prokes yang ketat," katanya.

Lebih lanjut Nenta menjelaskan, pada kegiatan pelatihan ini, para calon Paskibraka akan dilatih untuk percaya diri, mencintai bendera, wawasan Nusantara, dan bagaimana menjadi contoh yang baik bagi teman-temannya. Serta juga melatih diri mereka untuk menjadi seorang yang mandiri, dan bertanggung jawab.

"Latihan fisik tetap, tapi lebih kepada bagaimana cara mengatasi dan menempatkan diri di lingkungan," jelasnya.

Dalam taklimatnya saat mengambil apel, Wako Erman Safar mengatakan, tugas sebagai Paskibraka merupakan tugas negara. Tugas tersebut juga merupakan amanah yang diberikan Pemerintah Kota (Pemko) kepada para calon anggota Paskibraka di tengah pandemi Covid-19.

"Nantinya, Paskibraka Bukittinggi akan membawa duplikat Bendera Pusaka. Hanya 3 daerah yang ada dublikat Bendera Pusaka di Indonesia. Di tiga daerah itulah nantinya yang memiliki kesempatan untuk mengibarkannya, yaitu di Jakarta, Yogyakarta, dan Bukittinggi," ungkap Wako.

"Hal ini karena tiga daerah itu pernah menjadi Ibukota Indonesia. Makna yang terdalam, tentunya bagaimana generasi muda, dan seluruh calon anggota Paskibraka dapat menjaga keutuhan negara Indonesia," ujar Erman Safar.

Lebih lanjut, Wako Erman Safar berpesan agar seluruh calon Paskibraka dapat menjaga kesehatan dan tetap mengedepankan prokes.

Wako juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pelatih yang telah memberikan ilmu kepada calon anggota Paskibraka Bukittinggi.

Usai melaksanakan tugas nantinya, anggota Paskibraka ini dapat menjadi contoh tauladan di tengah masyarakat, dan lingkungan dalam disiplin mematuhi prokes seperti yang diterapksn selama mengikuti pelatihan.

"Kemana bepergian harus memakai masker, selalu mencuci tangan pakai sabun pada air yang mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan mengikuti vaksinasi Covid 19," tambah Wako. (Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru