Raih Beragam Prestasi, MIN 2 Solsel Semakin Diminati Orang Tua Murid

PENDIDIKAN-615 hit

Padang Aro - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Negeri 2 Solok Selatan di Banda Gadang Nagari Sako Utara Pasia Talang menjadi incaran para orang tua murid di daerah tersebut untuk menjadi tempat menimba ilmu bagi anak-anak mereka.

Dipilihnya MIN 2 Solsel itu bukan tidak beralasan, karena madrasah tersebut telah teruji, mampu berprestasi, baik bidang ilmu pendidikan umum, apalagi bidang ilmu keagamaan.

"Beberapa prestasi yang pernah diraih madrasah ini, antara lain juara 1 lomba menulis saat Festival Seribu Rumah Gadang. Saat Kompetensi Sains Madrasah (KSM) ada dua siswa madrasah ini maju ke lomba tingkat Provinsi, dengan bidang studi Matematika dan IPA, " kata Kepala MIN 2 Solsel, Dra. Efliza, MM didampingi Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah setempat Ilhaminuri, Sabtu (31/7/2021).

"Dibawah binaan guru pembina matapelajaran di madrasah itu, Aprimuldani dan Neng Erawati, siswa madrasah ini mampu melaju kelomba KSM tingkat Provinsi," tambahnya.

Kepiawai siswa bidang lain yang juga dimiliki madrasah ini antara untuk kegiatan drum band, kasidah, pramuka. Bahkan untuk kegiatan pramuka, madrasah ini pernah juara, tapak perkemahan, dan lomba praktek shalat berjamah tingkat Kabupaten Solsel.

Hebatnya madrasah ini juga ambil bagian dalam berbagai kegiatan hari-hari besar agama islam. Mulai dari kegiatan pawai api obor pada peringat 1 Muharam, ' maarak bungo lamang pada peringat Maulid Nabi Muhammad, Saw.

Selain itu,madrasah ini juga melaksanakan kegiatan market day, sebagai bentuk kegiatan yang mengajarkan budaya sosialisasi dalam bertransaksi dan berprilaku jujur saat berbelanja," jelas Efliza.

Jadi, tingginya minat orang tua menyerahkan anak mereka untuk sekolah di MIN tersebut, dikarenakan sekolah yang berada dibawah naungan Kementerian Agama itu, memiliki segudang prestasi, baik untuk bidang ilmu umum apalagi bidang agama, maupun kegiatan ekstrakurikuler.

" Materi pembelajaran siswa kita tidak saja fokus pada kurikulum Kemenag, akan tetapi telah terbukti untuk kesiapan bersaing di bidang ilmu umun dan berbagai lomba ekstrakurikuler lainnya dengan berbagai sekolah sederajad lainnya, , "

Dijelaskan Ilhaminuri didampingi guru pembina Pramuja Andika Pratama, Gusperi Irwandi dan Dona Mardiana, pada tahun ini tercatat sebanyak 80 orang calon siswa baru yang mendaftar.

Namun sesuai dengan syarat dan ketersediaan fasilitas yang dimiliki madrasah, pihak Panitia PPDB hanya menerima sebanyak 75 orang siswa, atau untuk tiga Rombongan Belajar (Rombel) , " tambahnya.

Karena sangat banyaknya minat peserta didik baru yang masuk, pihak panitia berkoordinasi dengan Kasi Pendis Kamenag dan Kasubag TU Kamanag Solsel. Akhirnya ditetapkan untuk diterima sebanyak tiga Rombel, " jelas Ilhaminuri.

Untuk Solsel, MIN 2 Solsel adalah madrasah terbanyak murid barunya pada saat PPDB tahun ajaran 2021/2022," demikian Ilhamnuri. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru