Masyarakat Kolok Mudik dan Korban Positif Covid-19 Peroleh Paket Bansos Kemenkumham RI

EKONOMI-713 hit

Penulis: Iyos | Editor: Marjeni Rokcalva

SAWAHLUNTO - Peduli nasib masyarakat terdampak pandemi Corona virus disease 19, Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat melalui aksi "Bakti Kemenkumham Terhadap Masyarakat Terdampak COVID-19" membagikan paket bansos sembako untuk masyarakat kabupaten dan kota di Sumbar yang disalurkan setiap Kepala Rumah Tahanan (Rutan), Ka Lapas, dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Korban Narkotika ( LPKN) di lima zona wilayah Sumatera Barat.

Untuk zona V, terdiri Rutan Sawahlunto dengan jumlah bansos 26 paket, dan LKPN Sawahlunto 100 paket, Lapas Muaro Sijunjung 40 paket, dan Lapas Dharmasraya 30 paket. Penyerahan paket tersebut dilakukan secara simbolis di Lapas Muaro Sijunjung, Kabupaten Sinjunjung, Kamis (29/7/21) siang, dihadiri Kepala Lapas Sijunjung.Bistop Holoan Situngkir , Kepala Rutan Sawahlunto Subhan Malik, Kepala LKPN Sawahlunto diwakili Robi Firdaus, Kasubsi Pembinaan, dan Kepala Rutan Dharmasraya.

Kadiv Pemasyarakatan, Kanwil Kemenhumham Sumbar Muhammad Ali Syahbana kepada beritaminang.com usai acara yang digelar secara virtual di Lapas Muaro Sijunjung mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Kementerian Hukum dan Ham terhadap masyarakat terdampak COVID-19 di Sumatera Barat, termasuk yang disalurkan di zona V untuk Lapas Muaro Sijunjung, Rutan Sawahlunto, LKPN Sawahlunto, dan Lapas Dharmasraya.

Dikemukakannya, paket bansos yang disalurkan diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat penerima yang terdampak COVID-19 ditengah kondisi ekonomi saat ini. Sebagaimana disampaikan Kemenkumham, agar masyarakat penerima bantuan untuk ikhlas menerima bantuan itu tanpa memperhitungkan jumlah dan jenis bantuan yang diberikan.

"Jangan dinilai dan lihat jumlah serta jenis bantuan yang disalurkan, tetapi ini adalah salahsatu bentuk keikhlasan seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM. Seluruh masyarakat diminta agar tetap semangat dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 " kata Menteri Yasonna Laoly, sebagaimana dikutip M.Alisyahbana.

Alisyahbana mengingatkan agar masyarakat patuh menerapkan protokol kesehatan guna memutus penyebaran virus Covid-19. Dengan demikian, upaya memutus rantai penularan COVID-19 dapat segera dilakukan sehingga kehidupan normal dan ekonomi kembali bangkit.

Penyaluran Bansos LKPN

Sementara, aktifitas penyaluran Bansos Kemenkumham dilakukan di beberapa titik, seperti untuk 100 paket yang diterima LKPN Sawahlunto diserahkan kepada warga masyarakat terdampak di Desa Kolok Mudik, Kecamatan Barangin, dan untuk korban terkonfirmasi posistif COVID-19 di Mes 39 milik PT BA UPO, seperti di infokan Kepala LKPN Nasir di pusat karantina yang ditangani Pemko Sawahlunto tersebut.

Kepala Desa Kolok Mudik Jufrinaldi, dikantornya, usai penyerahan paket bansos oleh pejabat LKPN Sawahlunto mengatakan, dia sangat mengapresiasi tindakan sosial yang dilakukan pihak Kemenkumham itu. Dengan adanya bansos yang disalurkan sangat membantu warganya yang terdampak COVID-19.

"Alhamdulillah, kami sangat mensyukuri dan apresiasi adanya paket bansos ini untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat kami di Desa Kolok Mudik ini. Terima kasih Kemenkumham dan terima kasih Pak Nasir Kalapas Narkotika yang selalu memperhatikan masyarakat kami" Tutur Jufrinaldi.

Selain Kepala Desa Jufrinaldi, para penerima paket bansos juga menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian Kemkumham RI terhadap mereka yang paling merasakan dampak ekonominya karena berada dibawah garis kemiskinan. (Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru