Penyembelihan Hewan Kurban di Sungai Pagu Solok Selatan Meningkat dari Tahun Lalu

PERISTIWA-356 hit

PADANG ARO - Tingkat partisipasi masyarakat menunaikan ibadah kurban pada hari raya Idul Adha 1442 H tahun 2021 di Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, meningkat dari tahun sebelumnya.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sungai Pagu, Hafiz Aulia Rahman, S.Ag., Rabu (21/7/2021) mengatakan, sebagaimana data pelaksanaan kurban yang disampaikan oleh pengurus panitia kurban dari 11 Nagari yang ada di Kecamatan Sungai Pagu, tercatat sebanyak 374 ekor sapi dan lima ekor kambing yang disembelih untuk kurban pada tahun ini.

"Pada tahun ini pelaksanaan ibadah kurban di wilayah KUA Kecamatan Sungai Pagu ada sebanyak 374 ekor sapi, dan 5 ekor kambing," kata Hafiz.

Baca Juga


Sedangkan tahun lalu, jumlah ternak kurban yang dilaporkan oleh panitia kurban hanya sebanyak 337 ekor sapi. Jadi ada peningkatan peserta kurban tahun ink dari tahun sebelumnya.

"Hal tersebut membuktikan, selain tingkat keimanan masyarakat dalam menjalankan syariat islam dalam berkurban sangat tinggi, bisa jadi tingkat ekonomi masyarakat di daerah masih dalam kondisi baik," jelas Hafiz

Tercatat Nagari yang paling banyak melaksanakan kurban adalah Nagari Pasir Talang, dengan jumlah sapi kurban 81 ekor. Kemudian disusul Nagari Pasir Talang Selatan dengan jumlah sapi kurban sebanyak 57 ekor.

Sementara Nagari yang jumlah ternak kurban dua terkecil pada tahun ini adalah, Nagari Sako Selatan dengan 19 ekor sapi disusul yang terkecil, Nagari Sako dengan jumlah ternak kurban sebanyak 18 ekor.

"Pada tahun ini ada juga ternak kambing yang di kurban masyarakat. Tercatat sebanyak di Nagari Pasar Muara Labuh 4 ekor, dan di Nagari Koto Baru satu ekor," kata Hafiz.

Dijelaskannya juga bahwa pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha 1442 H di wilayah kerjanya telah berjalan dengan normal kemaren (Selasa-red) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) .

Adapun pelaksanaan Salat Idul Adha tahun ini tidak ada yang dilakukan di lapangan terbuka, seperti di RTH Muara Labuh, dan di lapanganan Nagari Koto Baru. Akan tetapi semuanya dilaksanakan di Masjid dan di Musalah.

"Di wilayah KUA Kecamatan Sungai Pagu, saat ini tercatat jumlah Masjid sebanyak 34 buah dan Musalah sebanyak 54 buah yang tersebar di 11 Nagari. Sementara itu mubalik yang mendukung kegiatan keagamaan tercatat sebanyak 65 orang," tutur Hafiz. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru