Warga Minang Pangkalpinang Potong 21 Ekor Sapi dan 24 Ekor Kambing

PERISTIWA-374 hit

PANGKALPINANG - Warga Minang di Pangkalpinang memotong 21 ekor sapi dan 24 ekor kambing dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun 2021 ini.

Menurut Ketua Ikatan Keluarga Minang Pangkalpinang H.Syarifuddin pemotongan hewan kurban ini dilakukan di empat sekretariat komisariat kabupaten daerah asal warga Minang tersebut. "Kita tidak melakukan di satu tempat untuk menghindari banyaknya warga berkumpul secara bersamaan, " Ujarnya.

Karena itu, jelasnya, pemotongan dilakukan di sekretariat masing masing komisariat daerah asal. Lokasi itu meliputi, sebanyak sembilan ekor sapi dan 20 ekor kambing di Masjid Darul Ichwan. Masjid di kawasan Pasar Pagi Pangkalpinang adalah masjid milik warga minang Pangkalpinang.

Selain itu, pemotongan hewan kurban juga dilakukan di Sekretariat IKMP sebanyak tiga ekor sapi dan empat kambing. Di sekretariat Komisariat Paninggahan sebanyak tiga ekor sapi, di Sekretariat Keluarga Malalak sebanyak lima ekor sapi dan Sekretariat Keluarga Tanah Datar satu ekor sapi.

Makan Basamo

Sama seperti tahun tahun sebelumnya, setelah pemotongan hewan kurban, para warga Minang yang ikut berkurban beserta warga lainnya mengadakan makan bersama di sekretariat masing masing. Hal ini ditujukan untuk lebih meningkatkan hubungan silaturrahim sesama warga Minang.

Sementara itu, Yos Hendri Sekretaris Ikatan Warga Minang Bangka Belitung (IKM Babel) menyebutkan kegiatan yang sama juga dilakukan di sekretariat masing masing IKM di Bangka Belitung.

"Saat ini seluruh kabupaten kota di Bangka Belitung sudah berdiri perkumpulan warga Minang seperti IKMP untuk Kota Pangkalpinang, IKM Koba utuk Kabupaten Bangka Tengah. Beitu juga untuk Bangka Barat, Selatan, Bangka Induk, Belitung dan Belitung Timur, " jelasnya.

Yos mengatakan kegiatan seperti ini akan terus dipertahankan sama seperti kegiatan buka bersama dan halal bi halal. (rep)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru