Pasien Covid-19 di Pessel Terus Bertambah, Ruang Isolasi, dan Rawatan RSUD dr. M. Zein Painan Penuh

KESEHATAN-425 hit

PAINAN - Semakin bertambah tingginya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Zein Painan tidak memiliki lagi ruang isolasi, dan perawatan untuk pasien positif Covid-19.

"Ya, ruang rawatan, dan isolasi yang disediakan sebelumnya oleh RSUD M. Zein sudah terisi penuh. Kini kita tidak bisa lagi menampung pasien positif baru," kata Direktur RSUD dr. M. Zain Painan, dr. Sutarman, Jum'at (16/7/2021).

Ia menerangkan, ruang rawatan, dan isolasi yang disediakan oleh rumah sakit untuk menampung pasien positif Covid-19 hanya ada satu ruangan dengan kapasitas 19 tempat tidur khusus untuk pasien Covid-19.

Baca Juga


"Semuanya sudah penuh. Kini kalau ada lagi yang masuk mungkit tidak ada lagi tempat tidurnya," jelasnya.

Lebih lanjut Sutarman menjelaskan, guna mengantisipasi penuhnya ruang perawatan dan isolasi di rumah sakit M. Zein, pihak rumah sakit akan merencanakan penambahan ruangan.

"Kasus positif masih terus bertambah. Untuk solusinya, direncanakan menambah ruangan dengan memanfaatkan ruang VIP yang ada di rumah sakit M. Zein," katanya.

Sutarman menambahkan, untuk ketersediaan tenaga medis, dan Alat Pelindung Diri (APD) dalam pelaksanaan tugas merawat pasien positif Covid-19, sejauh ini masih cukup jika seandainya ada penambahan ruang perawatan baru.

"Tenaga kita masih cukup, dan APD masih lengkap. Dengan itu, para medis kita tetap harus menjaga protokol kesehatan. Agar tidak terpapar, kalau terpapar nantinya akan susah juga, bisa jadi nantinya kita malah kekurangan tenaga medis," ucap Sutarman.

Lanjutnya, dengan masih tingginya peningkatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak terpapar Covid-19.

"Terutama lebih kita ingatkan lagi, untuk orang yang positif yang menjalani isolasi mendiri. Kita harapkan, untuk menjalani isolasi mendiri dengan betul-betul mematuhi protokol kesehatan. Jangan gegabah dengan masih keluar rumah untuk aktivitas yang dirasa tidak terlalu perlu. Karena, kondisi kita saat ini masih darurat Covid-19," harap Sutarman.

Seperti diketahui, berdasarkan data terakhir dari catatan data penanganan Covid-19 di Kabupaten Pessel, angka orang yang terpapar Covid-19 seluruhnya berjumlah 2.222 orang.

Sedangkan yang dinyatakan sembuh totalnya berjumlah sebanyak 1.866 orang, meninggal berjumlah 71 orang, dan masih dirawat atau diisolasi ada sebanyak 285 orang. (RND/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru