Terkam Beruk di Bayang Pessel, Macan Dahan Dievakuasi Tim BKSDA Sumbar

PERISTIWA-875 hit

PAINAN -Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Pesisir Selatan (Pessel) menerima laporan dari masyarakatdi Kampung Koto Baru, Nagari Koto Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pessel, dan menyelesaikan konflik satwa Macan Dahan (Neofelis nebulosa), Minggu (18/07/2021) siang.

Setelah mendapat laporan tersebut, Kepala Resort KSDA Pesisir Selatan Bilmar beserta petugas lainnya langsung mendatangi lokasi kejadian. Petugas menemukan satwa Macan Dahan dalam kondisi terluka pada bagian kepala, dan juga seekor Beruk dalam keaadaan mati.

Kejadian ini bermula dari satwa Macan Dahan yang hendak memangsa Beruk milik masyarakat setempat. Melihat peliharaannya dimangsa, pemilik Beruk beserta masyarakat lainnya mengejar, dan menangkap satwa tersebut. Akibatnya, satwa Macan Dahan yang diduga berjenis kelamin jantan tersebut mengalami luka pada bagian kepala.

Baca Juga


Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Resort Pessel, sekitar pukul 15.30 WIB satwa Macan Dahan tersebut di evakuasi ke Lembaga Konservasi Kalaweit untuk dilakukan observasi, dan perawatan.

Di tempat terpisah, Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, S.TP., M.Sc., mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melaporkan kejadian ini, dan mengimbau kepada masyarakat agar melapor apabila terjadi kejadian serupa.

"Jika terjadi kejadian serupa, yaitu melihat adanya satwa dilindungi yang masuk ke area perkampungan, untuk segera melapor ke petugas BKSDA setempat atau bisa menghubungi Call Center BKSDA Sumbar di Nomor 081266131222," ujarnya. (Rel/Je)

Sumber: IG BKSDA Sumbar

Loading...

Komentar

Berita Terbaru