Percepat Pelaksanaan Pamsimas di Nagari Sako Selatan Solsel, Rakor KKM Digelar

PEMERINTAHAN-530 hit

PADANG ARO - Percepatan pelaksanaan lanjutan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang diperoleh Nagari Sako Selatan Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Nagari di Aula Kantor Wali Nagari setempat, Jumat (16/7/2021).

Kegiatan Rakor Pamsimas yang dibuka secara resmi Wali Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Pepi Suhendra itu dihadiri, Kepala Kejari Solsel, Bardan, Kabid Perkim Dinas Perkim & LH Solsel, Alvino Sendra, dan staf Darmawan, Camat Sungai Pagu diwakili Kasi Pembangun Kantor Camat Sungai Pagu, Masri Susanti.

Sedangkan mitra nagari yang turut hadir, Bhabinkantibmas, Bripka Lery. M, Babinsa, Serda Irwandi, serta pengurus KKM, Nopriadi (Ketua), Syafrial (Sekretaris), Soltria Fitrizen (Bendahara), anggota KKM, Tuti Fitra, dan Aidil Fitra serta 11 orang perwakilan KKM dari masing-masing empat jorong yang ada di Nagari setempat.

Baca Juga


Pepi Suhendra dalam sambutannya, berharap melalui program Pamsimas ini akan terwujud harapan 556 Kepala Keluarga (KK) penerima mamfaat untuk memperoleh ketersediaan air bersih yang bermuara terbangunnya masyarakat yang sehat di Nagari.

Artinya sebanyak 556 KK dari jumlah 648 KK dan 2081 jiwa yang ada di Nagari ini hendaknya betul-betul dapat memamfaatkan hasil pembangunan Pamsimas yang sudah diperuntukan oleh Pemerintah untuk masyarakat Nagari ini.

"Sukses lanjutan pembangunan Pamsimas tahun ini dari yang sudah diperoleh Nagari tahun 2019 lalu, hendaknya betul-betul teraplikasi dalam bentuk dukungan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan KKM," harap Pepi Suhendra.

Sementara itu, Kabid Perkim Alvino Sendra berharap pelaksanaan kegiatan Pamsimas yang di peroleh nagari itu hendaknya dapat terlaksanakan sesuai jadwal kegiatan. Hal yang sama juga untuk penerima mamfaat.

Tahun ini, Solsel melalui DAK Air Minum memperoleh anggapan sebesar Rp. 4,7 miliyar yang tersebar di 13 Nagari. Adapun kegiatan ini akan diproyeksikan untuk memperluas akses masyarakat akan air minum yang layak, dengan memperluas daerah layanan dan memperbanyak sambungan rumah yang termeterisasi.

Kepada Kelompom Keswadayaan Masyarakat (KKM) dan Satuan Pelaksana (Satlak) hendaknya dapat memaksimalkan pelaksanaan kegiatan. Sehingga pelaksanaan akan selesai tepat waktu dan tepat sasaran.

"Kita sangat berharap, pada Pemerintahan Nagari dan Mitra Kerja Nagari agar mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan pembangunan Pamsimas sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) yang sudah ditetapkan," katanya.

Sementara itu Kejari Solsel, Bardan dalam arahan meminta pada pelaku kegiatan untuk dapat melaksanakan kegiatan sesuai Juknis. Sehingga tidak terkendala dilapangan, dan berurusan dengan Aparat Penegak Hukum (APH).

Usai kegiatan Rakor, Fasilitator Pamsimas Kabupaten Solsel, Ade Irwan, S.T., dan Wahdania, S.Pd., menjelaskan, bahwa tahapan berikutnya adalah KKM akan melakukan survey barang pengadaan khusus, serta melaksanakan kontrak pengadaan barang dan dilanjutkan pelaksanaan kegiatan.

Sementara untuk kegiatan dilapangan diharapkan pelaksanaan sesuai dengan diseain dan rencana pelaksanaan kegiatan yang sudah ditetapkan.

Sedangkan untuk percepatan kegiatan yang terkontrak mulai Juni sampai Oktober tersebut, ditaget ada dua, yaitu pemasangan pipa dan sambungan rumah.

"Apalagi kegiatan ini adalah swakelola, maka perakitan dan pemasangan jaringan pipa sangat dibutuhkan keseriusan masyarakat, " harap Ade Irwan maupun Wahdania. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru