Harga Pakan Ikan Tinggi, Wako Deri Asta Salurkan Dana Bergulir ke Poktan Multikarya Kubang

EKONOMI-417 hit

SAWAHLUNTO - Dukung usaha budidaya ikan air tawar ditengah lesunya perekonomian terdampak pandemi COVID-19, Walikota Sawahlunto Deri Asta dan Ketua TP - PKK Ny. Meivyta Deri, ikut panen ikan sekaligus melakukan penyemaian bibit untuk Kelompok Perikanan Multikarya di Dusun Balai Tangah, Desa Pasar Kubang, Kecamatan Lembah Segar, Sawahlunto, tiga hari lalu (10 /7).

Kegiatan tersebut berkaitan dengan bantuan bibit ikan dan pendampingan teknis pembudidayaannya oleh Pemko Sawahlunto melalui penyuluh perikanan, selain pemerintah menawarkan bantuan pengembangan usaha bidang perikanan tersebut melalui fasilitas program pinjaman lunak dari anggaran APBD yang dikelola UPTD Dana Bergulir Kota Sawahlunto.

Ketua Kelompok Perikanan Multikarya Group Very Arianto sebagaimana dirilis Humas Pemko mengatakan, kelompok ini tengah mengelola 5 kolam untuk pembudidayaan ikan jenis patin. Namun pihak mereka mengeluhkan tingginya biaya pakan ikan yang harus disediakan kepada pemerintah. Untuk mensiasati kondisi itu kelompok ini tengah merancang untuk memproduksi sendiri pakan ikan dalam menekan biaya yang cukup besar, tetapi untuk merealisasikan rencana ini pihaknya mengalami kekurangan modal.

"Kami merasakan biaya produksi paling besar yang harus dikeluarkan itu adalah untuk pakan ikan. Guna menekan tingginya biaya yang ditanggung maka kami perlu mensiasatinya dengan memproduksi pakan sendiri. Tetapi hal ini belum dilakukan karena keterbatasan modal yang belum cukup untuk itu." kata Very Arianto.

Merespon keluhan itu, Walikota Deri Asta menawarkan beberapa solusi, diantaranya melalui usulan pinjaman modal usaha kelompok ke UPTD Dana Bergulir Kota Sawahlunto. Tetapi, lanjut Deri Asta, sebelum proposal diajukan silahkan berhitung dulu secara ekonomis sebagai dasar pertimbangan untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di UPTD Dana bergulir itu.

Disisi lain, Ketua TP - PKK Kota Sawahlunto yang juga Ketua Forum Gemar Makan Ikan (FORIKAN) Kota Sawahlunto, Ny. Meivyta Deri Asta mengungkapkan, akan mengkoordinasikan potensi budidaya ikan ini kepada pengurus dan anggota PKK dan FORIKAN, tentang bagaimana membuat produk olahan beragam dari ikan terutama untuk menampung hasil panen Kelompok Multikarya Group ini sehingga petani ikan mampu meningkatkan nilai jual yang lebih ekonomis.

Ny.Meivyta berpendapat, ikan yang sedang dibudidayakan kelompok petani ikan Kubang ini memiliki potensi cukup besar jika dikembangkan menjadi olahan makanan dengan varian-varian produk berbahan baku ikan. Merespon hal itu, pihaknya selaku Ketua Tim Pembuna PKK akan mengkaji dan menindaklanjuti rencana tersebut bersama timnya, sehingga dengan cara itu hasilnya akan dapat dinikmati dalam rangka peningkatan kesejahteraan para petani ikan yang ada di Kota Sawahlunto.(Iyos).

Loading...

Komentar

Berita Terbaru