Gegara Lonjakan Corona, 6 Negara Tutup Pintu Buat Indonesia, Ini Daftarnya

PERISTIWA-805 hit

JAKARTA - Kasus lonjakan Covid-19 yang tengah terjadi di Indonesia membuat sejumlah negara di dunia mulai menutup pintu masuk bagi warga negara Indonesia atau WNI.

Diketahui, hingga Minggu (11/7/2021) angka kasus Covid-19 di Indonesia terus merangkak naik, dalam sehari bertambah 36.197 kasus. Total kasus Covid-19 di Indonesia tercatat 2.527.203, jumlah sembuh 2.084.724 dan meninggal dunia sebanyak 66.464 jiwa.

Melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia disebut-sebut akibat masuknya varian Delta dari India. Sehingga mempercepat angka penularan yang hampir merata di sejumlah wilayah.

Kondisi itu menyebabkan sejumlah negara bersiap untuk menutup pintu bagi Indonesia.

Diketahui, mulai hari ini, Senin 12 Juli 2021, Singapura memastikan menutup pintu bagi WNI. Bahkan untuk sekedar transis sekalipun.

Selain Singapura, ada juga Taiwan, Hong Kong hingga Arab Saudi. Berikut daftar lengkap negara menutup pintu masuk bagi RI:

1. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab diketahui telah melarang penerbangan transit dari Indonesia sejak Minggu (11/7/2021) kemarin. Tidak itu saja, Uni Emirat Arab juga melarang warganya bepergian ke Indonesia, kecuali dengan alasan mendesak, salah satunya adalah kerja diplomatik atau alasan penting lainnya.

2. Singapura

Sehari setelah Uni Emirat Arab, tepatnya pada Senin hari ini, Singapura secara resmi menutup pintu bagi RI. Negara tetangga itu bahkan lebih ketat, semua pendatang dengan riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 21 hari juga tidak diizinkan singgah, meski hanya sekedar transit.

3. Oman

Jauh sebelum Singapura dan Uni Emirat Arab, Oman mulai tanggal 9 Juli 2021 bahkan telah memblacklist alias melarang Indonesia serta delapan negara lainnya masuk. Hal itu juga berlaku bagi para pelancong yang memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia dalam 14 hari terakhir.

4. Hong Kong

Hong Kong menutup pintu bagi Indonesia sejak 23 Juni 2021. Mereka menutup pintu masuknya bagi penerbangan dari Indonesia gegara temuan beberapa penumpang positif Covid-19 dari hasil tes saat mendarat di negara itu.

Tak tanggung-tanggung, Hong Kong menetapkan Indonesia dalam kategori A1 atau paling berisiko penularan Covid-19.

5. Arab Saudi

Berdasarkan data di kemlu.go.id, Arab Saudi ternyata belum mencabut status Indonesia dalam daftar negara yang dilarang masuk sejak Februari 2021. Larangan itu juga termasuk negara lain seperti Pakistan, Mesir dan Lebanon atas pertimbangan kasus penularan Covid-19.

6. Taiwan

Tak hanya pelancong asal RI, Taiwan bahkan melarang datangnya pekerja migran dari Indonesia sejak Desember 2020. CECC yang merupakan Pusat Komando Epidemi Taiwan pada 4 Desember 2020 mengumumkan penutupan atas pertimbangan tingginya kasus corona di Indonesia. (MR)

Sumber: suara.com

Loading...

Komentar

Berita Terbaru