Warga Kecamatan Tanjung Raya Antusias Mengikuti Vaksinasi Covid-19

KESEHATAN-218 hit

MANINJAU - Warga Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mulai antusias mengikuti vaksinasi Covid 19, sabtu (10/07) tercatat 200 orang mengikuti vaksin Covid-19,sehingga sampai saat ini sudah 1.464 orang yang mendapat vaksin Covid-19.

Antusiasnya warga Kecamatan Tanjung Raya mengikuti vaksin covid 19, berkat dorongan dan motivasi dalam sosialisasi yang dilakukan unsur jajaran Forkopimca Tanjung Raya seperti polsek, pemerintah kecamatan, puskesmas, koramil, dan sebagainya,ujar Camat Tanjung Raya Handria Asmi, dan Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin yang dihubungi awak media Sabtu(20/7) secara terpisah.

Menurut Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di Kecamatan Tanjung Raya, dilakukan di dua tempat yakni di Puskesmas Maninjau dan Puskemas Pasar Ahad. Sesuai data vaksinasi di Kecamatan Tanjung Raya per Sabtu (10/7), sebanyak 1.464 orang telah mendapat imunisasi vaksin Covid-19.

"Dari informasi yang kita peroleh, sudah 1.464 orang warga Tanjung Raya menjalani vaksinasi. Kita juga akan selalu mensosialisasikan dan mengajak masyarakat lainnya untuk bersama-sama mensukseskan program vaksinasi secara nasional ini," ujarnya.

Menurut Iptu Akhiruddin, meningkatnya minat masyarakat mengikuti vaksinasi, membuat ketersediaan stok vaksin di dua puskesmas itu mulai menipis. Sehingga pihak puskesmas harus berupaya mencari stok vaksin di puskesmas lainnya.

"Ini membuktikan kesadaran masyarakat semakin meningkat dalam mendukung program vaksinasi. Kita berharap stok vaksin di puskesmas terus ditambah agar pemberian vaksin ini bisa mencakup ke semua kalangan," harap Iptu Akhiruddin.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berupaya mendorong masyarakat untuk ikut mensukses program vaksinasi Covid-19. Pihaknya juga menilai antusias masyarakat dalam mengikuti imunisasi vaksin sudah mulai tinggi.

Menurut Camat, vaksinasi covid 19, perlu diikuti warga yang berusia dari 12 tahun untuk mencegah dan menekan angka penularan Covid-19. Selain itu, keamanan dan kehalalan vaksin sudah dijamin pemerintah pusat melalui lembaga MUI dan Badan POM RI, jelas Handria Asmi.

"Kita mengapresiasi seluruh pihak yang telah mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk ikut mensukseskan program vaksinasi di masa pandemi Covid-19. Kita di kecamatan akan terus mensosialisasikan program vaksinasi demi mencegah dan memutus mata rantai penularan Virus Corona," ujar Handria Asmi.

Dikatakannya, jadwal vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pasar Ahad dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Sedangkan di Puskesmas Maninjau setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Pelaksanaan vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB, hingga selesai dengan sarat sudah berusia 12 ke atas, membawa foto copy KTP/KK ke tempat pelaksanaan vaksinasi.

Vaksinasi Covid-19 yang digelar Sabtu (10/7) di dua tempat yaitu di Puskesmas Pasar Ahad dan Puskemas Maninjau, peserta dari berbagai kalangan masyarakat seperti guru, ASN, pegawai swasta, mahasiswa, pelajar, lansia, dan masyarakat umum lainnya.

Pemberian vaksin diberikan kepada masyarakat sesuai dengan ketersediaan stok, yakni sebanyak 20 vial. Dengan rincian 8 vial di Puskesmas Pasar Ahad, dan 12 vial di Puskesmas Maninjau. Satu vial vaksin itu digunakan untuk 10 orang penerima dengan dosis 0,5 ml per orang.

Untuk di Puskesmas Pasar Ahad yang menjalani vaksinasi hari ini sebanyak 80 orang, sedangkan di Puskesmas Maninjau sebanyak 120 orang. Vaksin yang diberikan adalah produksi Sinovac asal China yang telah bersertifikasi halal dari MUI dan memiliki izin Badan POM RI, tambah Wajapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin,

Menurutnya, vaksinasi ini perlu dilakukan untuk meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah dan mengantisipasi terhadap penyebaran Covid-19, katanya.

Baik Camat maupun Wakapolsek menghimbau warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, baik yang telah divaksinasi covid 19, maupun yang belum, semuanya harus mematuhi Protkes, jangan sampai ada yang abai terhadap protokol kesehatan, pakailah masker setiap keluar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas diluar rumah, harapnya.(Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru