Capaian Vaksinasi Covid-19 Padang Panjang Nomor Dua di Sumbar

KESEHATAN-742 hit

Penulis: Lex/harris | Editor: Marjeni Rokcalva

PADANG PANJANG - Dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat (Sumbar), Kota Padang Panjang berada di posisi kedua pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan capaian 54,40 % per 1 Juli 2021. Artinya dari sasaran awal 13.083 orang yang ditetapkan pusat, sebanyak 8.689 orang telah menjalani vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang Panjang, Drs. H. Nuryanuwar, Apt., M.Kes., M.M., Sabtu (3/6).

"Pada rakor Akselerasi Gebyar Vaksinasi Covid-19, zoom meeting dengan wagub disampaikan, Padang Panjang per 1 juli 2021, capaian vaksinasi dosis I berada di urutan ketiga di Sumbar. Lalu capaian vaksinasi dosis II di urutan kedua di Sumbar. Selesainya seseorang divaksin tentu karena telah menjalankan vaksin dosis pertama dan kedua. Dari situ, dapat disimpulkan, Padang Panjang berada di posisi kedua," kata Nuryanuwar.

Baca Juga


Pihak Pemko melalui DKK, lanjut Nuryanuwar yang akrab dipanggil Pak Ujang, akan terus bergerak menyelesaikan target.

"Sisa vaksin yang ada sekarang akan kita pakai untuk pelaksanaan penyelesaian target sasaran vaksin yang belum tercapai. Seperti petugas publik, lansia dan akan kita lanjutkan untuk vaksinasi masyarakat rentan dan masyarakat umum," ujar Pak Ujang.

Di samping itu, katanya, sesuai dengan kebijakan Kementerian Kesehatan RI, mulai 1 juli 2021 ada program vaksin untuk usia 12-17 tahun.

"Jadi vaksin bagi masyarakat yang belum, akan kita laksanakan dari sekarang hingga divaksin seluruhnya," tuturnya

Guna percepatan penyelesaian vaksinasi, ujar Nuryanuwar, mulai Rabu, 7 Juli mendatang, semua vaksinator DKK akan diturunkan untuk pelaksanaan vaksinasi ini di seluruh kantor lurah.

"Seluruh tim puskesmas sudah kita atur dan kita jadwalkan waktu dan tempatnya. Untuk pelaksanaannya kita sudah rapatkan dengan lurah, camat yang dipimpin Pak Sekda dan dihadiri asisten serta kadis Kominfo dan OPD terkait lainnya," terangnya.

Terkait ketersediaan vaksin, pihak Pemko tidak khawatir lantaran dalam percepatan vaksinasi ini, pemerintah pusat sudah memperkuatnya melalui dukungan TNI dan Polri disertai tambahan vaksin melalui alokasi di kedua institusi tersebut.

"Seperti yang sudah kita lakukan tempo hari dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75 dengan realisasi 1.008 orang masyarakat selesai divaksin dalam satu hari. Begitu juga kegiatan vaksin yang dikoordinir Kodim 0307/TD melalui Koramil 01 Padang Panjang. Alhamdulillah dalam rapat evaluasi bersama Pemprov, Kota Padang Panjang capaian vaksinasi sudah berada pada papan atas," pungkasnya. (Lex/harris)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru