DLH Pesisir Selatan Minta Petani Segera Lapor Bila Terjadi Serangan Hama

EKONOMI-698 hit

PAINAN -Agar keberlangsungan usaha masyarakat tani tetap terjamin dan terhindar dari serangan hama, maka kepada petani diminta untuk melapor bila serangan hama terjadi. Upaya itu tidak saja bertujuan untuk menjaga keberlangsungan tanaman, tapi juga untuk peningkatan produksi tanaman yang dikembangkan terutama padi.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortukultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Nusirwan, Jumat (2/7).

"Melalui gerakan pemantauan dan pengendalian tanaman padi sawah dari serangan hama dan penyakit tanaman itu, maka produksi padi akan terjaga, serta juga bisa meningkat dari sebelumnya di daerah ini. Apalagi sekarang kita telah menerapkan pola tanam Indeks Peningkatan empat kali produksi (IP 400) selama satu tahun," katanya.

Baca Juga


Dalam melaksanakan kegiatan di lapangan, dia juga menegaskan kepada petugas pertanian atau penyuluh tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Dia mengakui bahwa untuk meningkatkan produktivitas pertanian, berbagai upaya akan terus dilakukan di daerah itu. Tapi kepada petani dia juga meminta agar juga proaktif melaporkan bila terjadi serangan hama dan penyakit tanaman kepada PPL.

"Sebab bila itu terjadi, kita akan segera mengambil langkah untuk pencegahan di lapangan," tegasnya.

Disisi lain pihaknya juga meminta PPL agar terus aktif memantau kondisi tanaman petani di lapangan. Termasuk juga melakukan komunikasi secara intensif dengan petani untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan.

Ditambahkan lagi bahwa selain menerapkan pola tanam IP 400, dia juga terus mendorong petani agar meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT).

"Upaya itu bertujuan untuk mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan nasional," tutupnya.(RND/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru