Atasi Kerusakan Lingkungan, Pemkab Pessel Tingkatkan Pengawasan dan Inventarisasi Pulau-pulau Kecil

PEMERINTAHAN-248 hit

PAINAN -Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan dan aktivitas masyarakat nelayan, pesisir pantai, dan pulau-pulau kecil, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan terus meningkatkan pengawasan dan juga menginventarisasi pulau-pulau kecil di daerah itu.

Hal itu ditegaskan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pessel, Beni Rizwan, Jumat (2/7).

Dia menjelaskan bahwa pengawasan dan inventarisasi pulau-pulau kecil itu, lebih diarahkan kepada kegiatan usaha masyarakat yang belum memiliki izin lingkungan. Melalui inventarisasi pulau-pulau kecil itu, maka berbagai kegiatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat bisa terus terpantau dan terawasi.

"Pengawasan dan inventarisasi pulau-pulau kecil ini bertujuan bagaimana kegiatan usaha yang dilakukan oleh masyarakat bisa dipantau dan diawasi. Terutama sekali terhadap usaha yang tidak memiliki izin, serta mengabaikan dampak kerusakan lingkungan dari kegiatan yang mereka lakukan," katanya.

Ditambahkan lagi bahwa pihaknya melalui petugas yang diturunkan bersama tim, juga mengawasi aktivitas manusia di sekitaran pulau-pulau kecil tersebut.

"Selain melakukan inventarisasi dan pemantauan, kita juga melakukan imbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga lingkungan. Sebab dengan terjaganya lingkungan, keinginan masyarakat untuk terus berkunjung, terutama sekali pada pulau-pulau kecil yang masuk pada kawasan wisata akan semakin tinggi," ungkapnya.

Beberapa pulau kecil yang dikunjungi melalui inventarisasi itu adalah Pulau Kapo Kapo, Pulau Cubadak, Pulau Sironjong, dan Pulau Setan.

"Semua pulau yang saya sebutkan itu, lokasinya berada dalam satu kawasan, yakni kawasan Wisata Mandeh di Kecamatan Koto XI Tarusan," tutupnya.

(RND/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru