UPT Pendidikan Kecamatan Pauh Duo Solsel Sosialisasikan Pengisian Ijazah SD

PENDIDIKAN-581 hit

PADANG ARO - Ijazah adalah sebuah pengakuan dari hasil belajar peserta didik. Maka dari itu, dalam pengisian ijazah diharapkan dilakukan ekstra hati-hati. Tidak itu saja, beberapa perbedaan dalam pengisian ijazah juga ada.

Artinya dalam pengisian ijazah tahun ini harus memperhatikan Peraturan Sekretaris Jenderal (Persekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blanko Ijazah Pendidikan Dasar Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Hal itu disampaikan Kasi Kurikulum Disdikpora Solok Selatan, Rafendi Yuzuar saat sosialisasi pengisian ijazah tingkat SD di UPT Pendidikan Kecamatan Pauh Duo dan Sosialisasikan Persesjen Kemdikbud No. 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Persesjen Kemdikbud No. 3 Tahun 2021 tentang petunjuk pelaksanaan Program Indonesia Pintar pendidikan dasar dan menengah di UPT SD Negeri 02 Pauh Duo, Selasa (29/6/2021).

Hadir dikegiatan tersebut, Korwil UPT Pendidikan Kecamatan Pauh Duo, Hennifel, M.Pd., Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdikpora, Julkarnaini, bersama Operator PIP SD Novi Avera, S.Pd., dan Kepala SD Negeri 02 Pekan Selasa, Noprijon, S.Pd.

Kasi Kurikulum, Rafendi Yuzuar kembali mengingatkan Kepala Sekolah, Pengisi Ijazah dan Operator untuk saling berkoordinasi sebelum menulis Ijazah peserta didik. Bahkan untuk setiap waktu melakukan update data peserta didik harus tetap dilaksanakan bagi operator.

"jangan operator hanya sibuk dengan data lain dan mengabaikan data peserta didik," kata Rafendi Yuzuar.

Sekaitan dengan penulisan ijazah tahun yang memiliki banyak perbedaan dari tahun sebelumnya, setiap unit sekolah hendaknya bekerja dalam satu tim dalam penulisan ijazah ini.

"Tim dalam penulisan ijazah harus saling koordinasi, dan untuk menjadi panduan menuliskan nama peserta didik dalam ijazah hendaknya harus sesuai dengan Akta kelahiran peserta didik," jelas Rafendi Yuzuar.

Dikesempatan itu, Rafendi Yuzuar juga mengingatkan Kepala Sekolah dalam penulisan tanggal ijazah, penulisan nama kepala sekolah serta pemberian stempel.

Terakhir, seluruh peserta sosialisasi juga diingatkan tentang mekanisme yang mesti dilakukan ketika terjadi kesalahan dalam pengisian ijzah peserta didik tahun pelajaran 2020/2021.

Meski demikian semua peserta dengan arahan Kasi Kurikulum Disdikpora Solsel, Rafendi Yuzuar, sepakat untuk pengisian ijazah tidaj terjadi kesalahan.

Kegiatan sosialisasi pengisian ijazah tingkat SD, UPT Pendidikan Kecamatan Pauh Duo yang pertama dan hanya satu-satu yang bersedia menyiapkan acara sosialisasi disaat musim libur sekolah.

Korwil UPT Pendidikan Kecamatan Pauh Duo, Hennifel, M.Pd., juga berharap sama pada Kepala Sekolah dilingkungan UPT Pendidikan Kecamatan Pauh Duo dalam menulis ijazah.

Jadikan pelaksanaan penulisan ijazah ini sebagai amanah yang dapat menjadikan peserta didik kita aman dan tisak bermasalah nantiknya saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Adapun peserta sosialisasi terdiri dari 16 kepala sekolah, 16 orang guru kelas 6, dan16 operator sekolah. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru