Siapkan Atlet, IPSI Solsel Lakukan Latihan Bersama

OLAHRAGA-887 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

PADANG ARO - Mewujudkan tali silahtuhrahmi dan meningkatkan pemahaman para atlet pencak silat di Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Solsel gelar Sparing Patner dan Latihan Bersama, pelatih, wasit dan atlet Pencak Silat se-Solok Selatan di Gor Gelora Energy, Minggu (27/6/2021).

Kegiatan yang dibuka secara resmi Ketua KONI Solsel diwaliki Kabid Kesra KONI Solsel, Asriyal Dt. Bandaro Padang itu, dihadiri para tuo-tuo silek, pengurus dari sembilan perguruan silat yang mengikuti kegiatan serta pengurus, dan panitia kegiatan.

Ketua KONI Solsel dalam sambutan mengajak seluruh pimpinan perguruan silat di Solsel, baik pencak silat tradisi maupun pencak silat prestasi untuk terus membangun perguruan silat. Sehingga akan lahir atlet pencak silat yang bisa menjadi kebanggaan daerah.

Baca Juga


KONI Solsel sendiri akan terus berupaya untuk mendorong perguruan silat melahirkan atlet dengan menyiapkan dukungan dana untuk pembinaan dan untuk atlit berprestasi. Hal tersebut tentu akan di akomodir melalui Pengcab IPSI.

"Penyedian dukungan pembinaan dan pemberian reward pada atlet juga akan diberikab sama pada Pengcab olahraga Koni lainnya," kata Rengga Husada sebagaimana disampaikan Ketua Bidang Kesra Koni Asriyal Dt. Bandaro Padang.

Sementara itu salah seorang ' Pandeka Silek' Zulkifli dalam sambutannya menyambut baik kegiatan latihan bersama para juri/wasit dan pesilat dari berbagai perguruan silat yang ada di Solsel.

"Ini adalah ajang silaturrahmi antara para pelatih dan pesilat dari berbagai perguruan silat se-Solsel," kata Zulkifli pandeka silek.

"Kegiatan ini akan menjadikan para pesilat dan pengurus penguruan silat se-Solsel membangun Solok Selatan dengan melahirkan atlet yang berprestasi nantinya," harapnya.

Sedangkan panitia pelaksana kegiatan yang juga Ketua Pengcab IPSI Kabupaten Solsel, Asriyal Dt. Bandaro Padang dikesempatan itu mengatakan, bahwa perguruan silat yang hadir mengikuti kegiatan Sparing Patner dan Latihan Bersama, tercatat sebanyak 152 atlet silat dari 10 perguruan silat.

Kegiatan ini menurut Asriyal didasari telah dilakukannya latihan bersama sebelumnya oleh perguruan silat, Sabirullah Matador, Alang Babegan, dan perguruan Satria Muda Indonesia di Gedung Serbaguna Lundang.

"Bahkan melalui kegiatan ini, akan terbangun satu pemahaman bagi semua perguruan dan atlet untuk mengetahui teknik agar mendapat nilai terbaik saat melakukan laga tanding," kata Asriyal.

Selain ajang silahtuhrahmi, kegiatan ini juga akan menjadi satu pemahaman bagi pelatih dan atlet untuk mengetahui cara memperoleh nilai terbaik saat melakukan pertandingan nantinya.

"Orang hebat belum tentu terlatih, tapi orang yang terlatih sudah dipastikan akan hebat. Makanya melalui latihan ini akan lahirlah atlet yang terlatih dan berprestasi nantinya," harap Ketua Pengcab IPSI.

Dijelaskannya, saat ini IPSI Solel telah memiliki pelatih bersertifikat tingkat Kabupaten sebanyak 17, wasit 15. Sedangkan untuk tingkat Sumbar, wasit bersertifikat sebanyak 3 orang, dan pelatih 2 orang.

"Sedangkan perguruan silat yang terdaftar di IPSI sebanyak 33 perguruan, namun yang aktif hanya sebanyak 10 perguruan silat. Kedepan IPSI akan melakukan registrasi lagi terhadap perguruan silat yang ada di Solsel," demikian Asriyal Dt. Bandaro Padang. AA.

Loading...

Komentar

Berita Terbaru