Kodim 0309 Solok Terlibat Pengamanan Vaksinasi di Kecamatan X Koto Diatas

KESEHATAN-387 hit

SOLOK - Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai alat pertahanan negara turut serta dalam membantu penanganan percepatan pemulihan pandemi Corona virus disease 19 atau COVID-19 diseluruh pelosok tanah air. Tak terkecuali diwilayah teritorial Kodim 0309 Solok yang dipimpin Dandim Letkol. Arm Reno Triambodo, S.Sos,M.I.Pol.

Salahsatu kegiatan yang dilakukan adalah melaksanakan pengamanan gebyar vaksinasi sebagai upaya memutus rantai penularan COVID-19 bersama unsur tiga pilar yakni TNI Pemerintah melalui Dinas Kesehatan atau Puskesmas setempat, dan pihak Kepolisian di Puskesmas Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Jumat (25/6/21) kemarin.

Dandim 0309 Solok, melalui Danramil 05 Letda Inf Zulkifli bersama angotanya terlibat langsung secara terkoordinasi dengan tim gugus tugas penanganan COVID-19 ditingkat kecamatan dan tenaga kesehatan setempat untuk melakukan aksi vaksinasi vaksin SINOVAC di Puskesmas Nagari Sulit Air tersebut. TNI mengajak masyarakat tanpa paksaan untuk bersedia di vaksin supaya kasus penularan virus asal Wuhan, Tiongkok ini segera teratasi agar aktifitas perekonomian kembali berjalan normal.

Baca Juga


Sebagaimana dirilis Bagian Penerangan Kodim (Pendim) 0309 Solok, Pengamanan kegiatan vaksinasi vaksin COVID-19 ini betujuan untuk memberikan rasa aman kepada warga masyarakat agar tidak tertular virus dan dapat memberikan kekebalan serta menaikan imun tubuh agar tetap stabil dan sehat.

Diutarakan, Letda Inf Zulkifli, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk masyarakat ini disambut antusias masyarakat. Hal ini terlihat saat warga antrian mengikuti standar protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan jaga jarak di tempat pendaftaran vaksinasi digelar.

"Antusiasme masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi ini patut diaptesiasi dan menjadi contoh bagi masyarakat lain agar tidak merasa takut di vaksin. Satu hal yang perlu diingatkan agar masyarakat tidak terpengaruh berita hoax yang tidak jelas sumbernya." Tutur Zulkifli, sambil memberitahukan prosesi kegiatan vaksin berjalan lancar.

Di informasikan, untuk menyukseskan program pemerintah terhadap vaksinasi ini sebelumnya dilakukan pendataan ke setiap Nagari yang ada di Kecamatan X Koto Diatas. Bagi yang sudah divaksin agar selalu mengingat jadwal pelaksanaan vaksin tahap kedua seperti yang tertera dalam kartu vaksin yang diberikan petugas kesehatan.

Prosesi vaksinasi melalui beberapa tahapan, yakni, pertama mendaftarkan diri dengan menunjukan KTP sebagai peserta, kemudian screening pengecekan kelayakan vaksinasi, dilanjutkan dengan pelaksanaan vaksinasi oleh petugas kesehatan, dan terakhir dimeja empat observasi selama 30 menit lalu diberikan kartu vaksin.(iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru