Calon Pengurus FKKS Kecamatan MKS Dapat Pembinaan dari FKS Kota Bukittinggi

PEMERINTAHAN-939 hit

Penulis: Yus | Editor: Medio Agusta

BUKITTINGGI - Calon Forum Komunikasi Kota Sehat (FKKS) Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) dapat pembinaan dari Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bukittinggi, diberikan di aula kantor Camat MKS, Jumat (25/06).

Menurut Camat MKS, Erizal, mengatakan Surat Keputusan (SK) kepengurusan FKKS Kecamatan MKS, tengah dipersiapkan. Namun pihak kecamatan telah menyiapkan sekretariat FKKS.

"Dengan pembinaan yang diberikan ini, diharapkan calon pengurus FKKS kecamatan MKS, dapat memahami tugas untuk menciptakan lingkungan dan masyarakat kecamatan MKS yang sehat," jelas Camat Erizal.

Baca Juga


Sementara Anggota DPRD Bukittinggi, H. Syafril, yang juga menjadi pengurus FKS Bukittinggi, menyampaikan, dalam pelaksanaannya nanti, pihaknya selaku Anggota Dewan, siap memfasilitasi dan terjun langsung dalam menjadikan Bukittinggi yang sehat,katanya.

Selain itu, juga akan ada program lain yang akan difasilitasi melalui pokok pikiran (pokir) anggota dewan. Intinya, bagaimana kita bersama dapat menciptakan Bukittinggi yang sehat dan nyaman, ungkapnya.

Wakil Ketua FKS Bukittinggi, Ali Rahman, menjelaskan, sejak dua bulan terakhir FKS Bukittinggi, melaksanakan kegiatan secara "marathon" untuk percepatan persiapan penilaian kota sehat tahun 2021 ini. Bukittinggi ditargetkan dapat kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara untuk kedua kalinya.

"Sejumlah persyaratan dan data telah kita kirimkan ke pusat. Selanjutnya, dalam beberapa waktu kedepan, tim dari pusat, akan melaksanakan penilaian ke Kota Bukittinggi terkait kota sehat. Hingga saat ini, belum dapat dipastikan, penilaian akan dilakukan langsung ke lapangan atau secara virtual," jelasnya.

Lebih lanjut Ali Rahman mengatakan, FKS Bukittinggi akan melaksanakan pembinaan ke FKKS setiap kecamatan dan juga pokja kelurahan sehat. Sehingga visi FKS menciptakan Bukittinggi hebat berlandaskan adat basandi syara' syara' basandi kitabullah dapat direalisasikan secara bersama-sama.

"Kami berharap, FKKS nantinya dapat mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensingkronkan dan mengimplementasikan prioritas, perencanaan antar kelurahan satu dengan kelurahan lainnya di wilayah kecamatan, yang dilakukan masing masing pokja kelurahan," jelasnya.

Dikatakan Ali Rahman, Ada enam tantanan yang diajukan FKS Bukittinggi untuk penilaian tahun 2021 ini yakni, tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan tata tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, tatanan pariwisata sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan kehidupan sosial sehat, serta upaya pengendalian dan penanganan Covid-19. (Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru