Tingkatkan Produktivitas Warga Binaan, Rutan Kelas IIB Muara Labuh Gandeng Disnakertrans Solsel

EKONOMI-988 hit

Penulis: Medio Agusta

PADANG ARO - Dalam upaya meningkatkan kreativitas dan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), lakukan sinergitas dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solsel melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigasi (Disnakertrans).

"Pelatihan ini bertujuan memberikan keterampilan khusus bagi warga binaan sebagai bekal keahlian untuk kembali bermasyarakat setelah bebas nanti," kata Kepala Rutan (Karutan) Kelas II B Muara Labuh, Sarwono, usai penandatanganan MoU dengan Kepala Dinas Nakertrans, Basrial.

Turut hadir saat penandatanganan kerja sama tersebut, Kepala BLK Solsel, Sumardianto, Kasi Pelatihan Disnakertrans, Windra Naldi, dan pejabat di lingkungan Rutan Kelas II B Muara Labuh.

Baca Juga


Karutan Kelas IIB Muara Labuh, Sarwono, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Disnakertrans Solok Selatan dalam meningkatkan sinergitas terkait pembinaan kepribadian masyarakat di Rutan.

"Ini bentuk keseriusan dan sinergitas kita bersama terkait tugas dan fungsi kita yang tujuannya memberikan upgrading terhadap pembinaan kepribadian kepada warga binaan," jelasnya.

"Kedepan setelah bebas nanti, tentu WBP akan dapat melanjutkan aktivitas ditengah-tengah kehidupan masyarakat dengan keterampilan yang dimiliki lewat pelatihan yang akan dilaksanakan nanti," harap Sarwono.

Sementara itu, Kadis Nakertrans, Basrial didampingi Kepala BLK Solsel, Sumardianto, dan Kasi Pelatihan, Windra Naldi, memaparkan bahwa usulan dari Rutan Kelas IIB Muara Labuh untuk dilaksanakannya kegiatan pelatihan adalah bagian dari program seratus hari kerja Bupati Solsel, H. Khairunas, dan Wabup Solsel, H. Yulian Efi, di bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kita menyambut baik usulan kegiatan yang dilakukan Rumah Tahanan Muara Labuh ini, apalagi untuk warga binaan yang akan mengakhiri masa tahanan" katanya.

Pasalnya kegiatan ini bagian dari program Pemekab Solsel untuk mendukung pembangunan SDM dalam mengembangkan kreativiritas diri. Apalagi yang akan dilatih adalah Warga Binaan Pemasyarakatan.

"Kedepan tentu setelah bebas nanti mereka akan punya ilmu atau keahlian yang dapat untuk melanjutkan kehidupan mereka guna membangun ekonomi mereka, "papar Basrial.

Pemkab Solsel menurut Basrial sudah menyiapkan dan menawarkan lima paket kegiatan, diantaranya Tata boga, Pelatihan Las, Otomotif, Komputer, dan Menjahit. Seandainya masih ada yang lain, nanti akan kita kerja sama dengan BLK Padang.

"Jadi untuk pelaksanaan, kita menunggu proposal usulan kegiatan yang akan dilaksanakan. Adapun tempat pelaksanaan akan dilakukan di Rutan itu sendiri," pungkas Basrial. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru