Kejar Target 100 Persen, Solsel Gelar Gebyar Vaksinasi Covid-19

KESEHATAN-376 hit

PADANG ARO - Optimalisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terus bergerak. Selain telah dilakukannya penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Masyarakat, jajaran Dinas Kesehatan terus melakukan upaya-upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi hingga tercapai seratus persen.

Gebyar Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten berjuluk Nagari Saribu Rumah Gadang tersebut dilaksanakan diberbagai kegiatan, baik ditingkat kabupaten maupun di tingkat kecamatan dan nagari.

Tidak itu saja, sasaran Vaksinasi Covid-19 saat ini sudah menjurus pada berbagai lapisan masyarakat Nagari. Selama ini yang menjadi sasaran adalah pelayan kesehatan (nakes), pelayan publik, dan Aparatur Sipil Negara (ASN), sekarang sasarannya sudah menjurus ke masyarakat.

Baca Juga


"Satu bulan ke depan vasinasi untuk ASN dan juga masyarakat harus tuntas. Dan untuk pelayanan administrasi kedinasan, yang terkait harus melampirkan sertifikat vaksin sebagai salah satu persyaratannya," tegas Khairunas saat acara Car Free Day si Ruang Terbuka Hijau (RTH) Padang Aro, Minggu (20/6/2021).

Senada dengan itu, Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi mengatakan saat ini untuk vaksinasi ASN dan pelayanan publik sudah mencapai 85 persen dan masih tersisa sekitar 15 persen atau sekitar 376 orang.

"Sesuai dengan arahan mulai dari Presiden dan Bapak Bupati, kita harus menuntaskan vaksinasi untuk masyarakat. Untuk ASN kita harapkan beberapa waktu kedepan bisa tuntas," katanya

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan Novirman diwalkilkan Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Solsel Mega Verta Christina menyebutkan pihaknya telah menyiapkan petugas vaksinasi di seluruh puskesmas di setiap kecamatan bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi Covid-19.

Kasi Surveilance Dinas Kesehatan Solsel Mega Verta Christina menjelaskan untuk membentuk kelompok yang kuat terhadap Covid-19, vaksinasi wajib dilakukan minimal sebanyak 60 persen dari jumlah penduduk.

Sedangkan data sementara pelaksanaan vaksinasi tahap 1 dengan sasaran Nakes sebanyak 986, dosis pertana sudah 1.122 orang (113,7 %) dan dosis 2 sebanyak 846 orang (86%)

"Sementara untuk tahap 2 dengan sasaran pelayanan publik sebanyak 9994, pelaksanaan dosis pertama 3.227 (32 %) dan dosis kedua 1.856 (18,6 %)," jelas Mega.

Tercatat juga sasaran Lansia dengan sasaran 12.301, pelaksanaab dosis pertama baru 32 (0,26%) dan dosis kesua 18 (0,15%). Adapun masyarakat umum dengan sasaran 85.049 dosis 1 baru 64 orang (0,08 %) dan dosis 2 baru 1 orang.

"Calon jemaah haji dari 25 orang yang sudah divaksin 1 sebanyak 23 orang dan dosis kedua baru 19 orang. Satu orang belum vaksin karena sakit dan 1 orang tunda karena asma kronis," pungkas Mega. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru