Padahal Zona Merah Covid-19, Bukittingi Masuk 9 Daerah dengan Belanja Kesehatan Nol

KESEHATAN-1931 hit

Penulis: Marjeni Rokcalva

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pantas kecewa. Karena banyak daerah yang belanja anggaran kesehatannya rendah. Padahal beberapa daerah tersebut masuk dalam kategori zona merah Covid-19.

Sri Mulyani mencatat realisasi Dana Alokasi Umum/Dana Bagi Hasil (DAU/DBH) khusus penanganan kesehatan sebesar 8% pada pemerintah daerah (Pemda) dengan status Covid-19 tinggi masih di angka 7,5%.

Bahkan ada 9 daerah yang belum menggunakan dana dari pemerintah pusat tersebut.

Baca Juga


"Kalau kita lihat ironisnya pada saat mereka menghadapi zona merah, tapi belanja dari TKDD atau APBD-nya, DAU/DBH untuk penanganan covid ternyata belum meningkat," kata Sri Mulyani dalam Rapat Nasional XIII Apkasi dikutip dari CNNIndonesia, Minggu (20/6/2021).

Di sisi lain, Sri Mulyani mengatakan daerah sangat membutuhkan sumber daya untuk penanganan Covid-19 baik itu testing, tracing dan isolating, biaya tenaga kesehatan atau untuk biaya operasi kesehatan.

"Saya mohon untuk seluruh pimpinan dalam hal ini Bupati yang ada di Apkasi untuk melihat karena kalau kita tidak mampu menangani Covid-19 berarti kita tidak akan mampu memulihkan ekonomi nasional kita atau ekonomi di daerah Anda," imbuh Sri Mulyani.

Data belanja DAU/DBH khusus penanganan Covid-19 di 29 daerah zona merah, per 19 Juni 2021, menunjukan realisasi baru mencapai Rp 146,9 miliar dari anggaran Rp 1,94 triliun.

Dari 29 daerah tersebut, 9 daerah yang belum merealisasikan sama sekali belanja DAU/DBH untuk penanganan kesehatan di antaranya:

  1. Kabupaten Pidie
  2. Kabupaten Banda Aceh
  3. Kota Bukittinggi
  4. Kabupaten Rokan Hulu.
  5. Kabupaten Pekanbaru
  6. Kabupaten Tanjung Jabung Barat
  7. Kabupaten Muara Enim
  8. Kabupaten Kudus
  9. Kabupaten Bintan.

"Kalau Covid-19 makin melonjak pasti ekonomi di daerah juga mengalami tekanan yang luar biasa dampaknya," pungkas Sri Mulyani. (Je)

Sumber: finance.detik.com

Loading...

Komentar

Berita Terbaru