Gubernur Mahyeldi Minta Panitia PPDB Online Sumbar Luruskan Niat

PENDIDIKAN-724 hit

PADANG -Setelah melalui dua kali tahap ujicoba, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMA, SMK dan SLB di Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2021 resmi dibuka oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah secara virtual di Dinas Pendidikan Sumbar, Senin (21/6/2021) pagi.

Sebanyak 89 ribu siswa akan mengikuti pelaksanaan PPDB kali ini yang dilaksanakan secara online dan juga offline untuk beberapa daerah seperti Kabupaten Kepulauan Mentawai dan daerah lain yang terkendala sinyal internet.

Dalam sambutannya, Gubernur menghimbau pada peserta didik agar berhati-hati dan tidak sampai salah dalam mengikuti proses PPDB Online.

Baca Juga


"Untuk zonasi, silahkan pilih sekolah yang terdekat dari tempat tinggal. Kepada panitia juga dihimbau agar melayani peserta PPDB Online dengan baik dan ramah. sehingga masyarakat nyaman," ujar Gubernur.

Selain itu, kepada Kepala Cabang Dinas dan Pengawas Sekolah di setiap sekolah agar mengawasi pelaksanaan PPBD online di daerah masing-masing dan siaga untuk menjawab dan memberikan solusi atas setiap pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat.

"Luruskan niat dalam bekerja. Kerahkan segala potensi yang kita punya untuk PPDB Online ini. Mudah-mudahan berjalan lancar dengan hasil yang baik," tambah Mahyeldi.

Sementara itu, untuk beberapa daerah yang belum punya akses internet, Mahyeldi menginstruksikan pada Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Jasman agar tahun depan, seluruh daerah di Sumbar bisa mengikuti PPDB secara online.

"Minimal di kantor-kantor pemerintah sudah terkoneksi internet. Terutama kantor walinagari atau kantor camat harusnya sudah terkoneksi internet sehingga masyarakat bisa mengikuti PPDB Online disana. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa online semua," lanjut gubernur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, dalam laporannya menjelaskan PPDB online tahun ini merupakan hasil kerjasama lintas OPD yang tergabung dalam Panitia PPDB Online.

"PPDB tahun ini murni dilaksanakan oleh Pemprov Sumbar, kerjasama dengan stakeholder Pemerintah Provinsi Sumbar, kerjasama dengan Diiskominfotik, yang membangun aplikasinya, lalu juga kerjasama dengan Dinas Sosial dan Dinas Kependudukan & Catatan Sipil. Sebelumnya kita juga sudah ujicoba dua kali dan semoga harapannya berjalan lancar," kata Adib.

Pelaksanaan PPDB online ini berlangsung hingga 26 Juni mendatang. Dinas Pendidikan Sumbar juga telah menyiapkan layanan pengaduan secara online dan juga offline berupa pos pengaduan di Kantor Disdik Sumbar.

Pembukaan secaea resmi PPDB Online SMA, SMK dan SLB di Sumbar, ini diikuti oleh Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Diadukcapil. Selain itu, secara daring, juga diikuti sedikitnya 700 peserta dari seluruh daerah di Sumbar.

(Rel/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru