15 Meter Jalan Tani Amblas Tergerus Sungai di Jorong Pisang Rebus Dharmasraya, Wakil Rakyat Prihatin

PEMERINTAHAN-284 hit

DHARMASRAYA - Amblasnya Jalan Usaha Tani sepanjang lebih kurang 15 meter, di Jorong Pisang Rebus, Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, mendapat perhatian serius kalangang DPRD Dharmasraya, Parahny lagi, jalan tersebut ambruk (amblas) dan tergerus di aliran Sungai Batang Hari.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dharmasraya, Ir. H. Adi Gunawan,bersama Tokoh masyarakat setempat sat melihat secara lansung kondisi, Ruas Jalan Usaha Tani sepanjang lebih kurang 15 meter itu, Jumat (18/06/2021), merasa prihatin sekali.

Apalagi, jalan ini merupakan alternatif penghubung dari Jorong Sungai Lansek, Nagari Siguntur menuju Jorong Pisang Rebus, Nagari Sitiung, kabupaten Dharmasraya.

Untuk itu, katanya, kami akan menyapaikan dan mendorong pihak Balai BWS wilayah V Sumatera Barat, untuk segera melakukan perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) di Jorong Pisang Rebus Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung, yang runtuh ini.

Ditambahakan Adi, hal itu perlu segera dilakukan mengingat, jalan tersebut merupakan jantung perekonomian masyarakat setempat.

"Nanti kami juga akan coba hubungi pihak PUPR Dharmasraya, untuk segera mengambil langkah selanjut untuk terbaik masyarakat di sini," katanya, sembari menyampaikan, kunjungan ini sebagai respon langsung dari kondisi yang dihadapi masyarakat.

Adi menyebutkan, penanganan abrasi sungai ini harus dilakukan secara berkelanjutan.Yang terkena abrasi akibat derasnya Sungai Batang Hari beberapa hari terakhir sehingga nantinya bisa direncanakan penanganannya.

Ancaman abrasi Sungai Batang Hari lanjutnya, tidak saja dihadapi oleh masyarakat Jorong Pisang Rebus saja. Setidaknya ada dua Jorong lagi yang juga bergantung pada jalan tersebut. Tentunya ini harus menjadi perhatian serius ke depan, sebab fenomena alam tidak bisa ditebak. Jangan sampai kondisi ini menimbulkan kerugian lebih besar lagi kepada masyarakat.

Selain meninjau lokasi jalan yang runtuh, wakil ketua DPRD Dharmasraya itu juga memberikan dana aspirasinya pada masyarakat untuk pembangunan di Jorong tersebut sebesar Rp.100 juta.

"Pergunakanlah dana itu nantinya untuk pembangunan yang berguna bagi masyarakat banyak," ucap Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dharmasraya, Ir. H. Adi Gunawan.

Sementara itu salah seorang warga Jorong Pisang Rebus Ponidi (40 tahun), mengatakan, pihaknya berharap kepada Wakil Ketua DPRD Dharmasraya, Adi Gunawan ini, untuk tetap mengawal percepatan pembangunan itu, terutama perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) di Jorong Pisang Rebus Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung, yang runtuh ini.

"Semoga kedepannya Jalan Usaha Tani (JUT) di Jorong Pisang Rebus Nagari Sitiung Kecamatan Sitiung bisa beraktivitas lagi," ucap warga Jorong Pisang Rebus Ponidi Tersebut.(Eko)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru