Dijadikan Nagari Contoh Program PKK, Nagari Gurun Tanah Datar Dinilai Tim Provinsi

PERISTIWA-567 hit

Batusangkar - Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar dinilai Tim Provinsi Sumatera Barat. Penilaian terkait 10 Program Pokok PKK itu rutin dilaksanakan mulai dari tingkat Nasional hingga ke daerah. Tahun ini secara Nasional ditiadakan, namun di tingkat provinsi hingga daerah masih dilaksanakan, mengingat TPPKK sebagai mitra pemda turut mendukung program pembagunan di daerah.

Wakil Ketua TPPKK Provinsi Sumatera Barat yang juga sekaligus pimpingan rombongan tim penilai Ny. dr. Fatria Amalia Audy, Rabu (16/06) di Nagari Gurun mengatakan lomba Gerak PKK merupakan evaluasi dan memantau langsung sejauh mana capaian 10 program pokok PKK yang telah dilaksanakan di daerah.

"Penilaian Gerak PKK tahun 2021 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jika sebelumnya lima kategori penilaian di tempat yang berbeda, ditahun ini disatukan dalam satu nagari di satu kecamatan," ucapnya.

Dikatakan Amalia, lima kategori penilaian yaitu Tertib Administrasi, Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), kawasan Amankan dan Kukuhkan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Aku Hatinya PKK) dan Keluarga PKK Gagah Bencana.

"Untuk Keluarga PKK Gagah Bencana kegiatan ini baru dan sesuai dengan program unggulan pada pokja IV tahun 2021-2024 yaitu gerakan Nasional Keluarga PKK Tanggap dan Tangguh Bencana, dan ini akan dilombakan secara bertahap dan continue setiap tahun," ujarnya.

Ny. Fitria juga menyebut untuk percepatan terwujudnya Keluarga PKK gagah bencana di Sumatera Barat, maka akan dibentuk satu nagari model disalah satu kabupaten dan satu desa atau nagari model dari itu disetiap kabupaten harus ada satu nagari model keluarga PKK Gagah Bencana.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE dalam sambutanya mengucapkan selamat datang di Tanah Datar kepada Tim Penilai Gerak PKK Tahun 2021 dan rombongan dan berharap senantiasa kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan keluaga melalui gerakan PKK.

"Nagari Gurun punya nilai historis yang tinggi tentang kedaulatan Negara Republik Indonesia, ada sebuah rumah di Nagari Gurun yang menjadi saksi sejarah perjanjian Renville antara Indonesia dengan perwira-perwira Belanda di bawah pengawasan komisi III negara PBB terkait dengan penarikan tentara Belanda dari Kota Batusangkar pada tahun 1949 silam. Dan semoga hari ini juga Nagari Gurun kembali mencatat sejarah baru dengan menjadi pemenang lomba gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021,"ulasnya.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh kader PKK, pengurus TPPKK mulai dari tingkat kabupaten hingga nagari, Organisasi Perangkat Daerah, masyarakat dan partisipan lainnya yang telah berpartisipasi aktif menyukseskan lomba Gerakan PKK tersebut.

Dikatakan Eka Putra PKK sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga juga dapat memadukan gerak langkah dalam menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat melalui 10 program pokoknya.

"Saya berharap pada lomba gerak pkk ini dapat membangkitkan semangat serta motivasi para kader agar dapat terus melaksanakan tugas dan fungsinya dalam upaya mensejahterakan dan memberdayakan keluarga," harapnya.

Bupati minta kepada seluruh kader untuk terus bersemangat dalam bekerja walau itu bekerja secara sosial, jadikan penilaian sebagai momentum untuk semakin meningkatkan motivasi dan inovasi dan penyempurnaan berbagai program dan kegiatan.

Sebelumnya ketua TPPKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra menyampaikan terkait lomba gerakan PKK Tingkat Sumbar tahun 2021 merupakan yang pertama baginya selaku ketua TPPKK dan pola penilaian yang disatukan dalam satu nagari.

"Biasanya lomba ini dari 5 kategori, penilaian dilakukan ditempat yang berbeda, namun kali ini disatukan disatu nagari, dan kita bersama pemerintahan kecamatan dan nagari serta OPD serta masyarakat menyiapkan Nagari Gurun untuk yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat, "ucapnya.

Ny. Lise juga menyampaikan jika ini bukan semata untuk perlombaan dan meraih juara semata, namun lihatlah Nagari Gurun yang indah masyarakatnya yang kompak dan membaur serta kearifan lokal yang harus terus dipertahankan dan demi kemajuan Nagari Gurun kedepannya.

Turut hadir saat penilaian tersebut Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Kepala OPD, Forkopimda, Wakil Ketua TPPKK Ny. Patty Richi Aprian, Ketua DWP Ny. Rina Irwandi, Camat se-Tanah Datar, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat, Bundo Kanduang dan undangan lainnya. (Irfan F)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru