Kelurahan Tanjung Pauh Kota Payakumbuh Dinilai Tim Provinsi Sumatera Barat

PEMERINTAHAN-286 hit

PAYAKUMBUH -Yang ditunggu-tunggu oleh kelurahan Tanjung Pauh kecamatan Payakumbuh Barat akhirnya datang juga, dimana tim penilai kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) datang mengunjungi kelurahan Tanjung Pauh dalam rangka melakukan penilaian dalam lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2021.

Disambut langsung Asisten 1, 2, dan 3 bersama jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Payakumbuh, Camat, dan Lurah dari Payakumbuh Barat di Kantor Lurah Tanjung Pauh, tim penilai dari Provinsi Sumbar yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Syafrizal datang dengan melibatkan tim penilai dari PKK, Dinas Kesehatan, Pakar Pemerintahan, Kesbang-Pol, dan DPD Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Provinsi Sumbar.

Diawal sambutannya, Asisten 1 Yufnani Away mengatakan jika Kota Payakumbuh saat ini terus berbenah, baik di bidang infrastruktur maupun dalam peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

"Di bidang infrastruktur saat ini ada beberapa pembangunan di Tanjung Pauh, seperti pembangunan BWS Batang Agam yang saat ini menjadi objek wisata baru yang bukan hanya bagi Warga Kota Payakumbuh, tapi juga dari luar Kota Payakumbuh," ungkap Pak Aci sapaan akrab Asisten 1 tersebut, Senin (14/6).

Turut disampaikan juga oleh Asisten 1 itu bahwa dalam sektor Ekonomi, masyarakat Payakumbuh lebih banyak bekerja pada sektor perdagangan dan jasa, pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan.

"Dan dalam hal ini, ada salah satu yang sangat menarik di kelurahan Tanjung Pauh, yakni dengan telah berkembangnya budidaya ikan, yang khususnya ikan lele dengan jumlah produksi yang sangat fantastis yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Tanjung Pauh", kata Pak Aci.

Tidak hanya sampai disitu, Asisten 1 itu kembali memuji masyarakat kelurahan Tanjung Pauh, dimana dalam budidaya ikan lele, masyarakat kelurahan Tanjung Pauh juga turut mendirikan dan mengembangkan program Mina Eduwisata (wisata pembelajaran pertanian dan perikanan).

Lebih lanjut, dimasa pandemi wabah virus Covid-19 yang sedang terjadi, kota Payakumbuh sangat komit dalam penanganan untuk memutus penularannya. Terbukti dengan telah didirikannya posko di setiap kelurahan dengan melibatkan LPM, RT/RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan PKK", ujarnya.

Sementara itu lurah Tanjung Pauh Lidya Nugrahmi tidak hanya membacakan ekspos yang sudah ada, melainkan Lidya Nugrahmi mempresentasikan program kegiatan yang telah dilaksanakan serta menyampaikan prestasi-prestasi dan inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan oleh kelurahan Tanjung Pauh.

Dalam penyampaian ekspos tersebut, banyak hal-hal baru berupa prestasi-prestasi dan inovasi-inovasi yang terungkap. Pertama, kelurahan Tanjung Pauh merupakan Juara 3 Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada PHBS tahun 2019. Kemudian, lurah Tanjung Pauh Lidya Nugrahmi mengatakan bahwa kelurahan Tanjung Pauh komit dalam mengentas permasalahan ekonomi.

Lurah Lydia mengatakan jika dari pihak Kelurahan Tanjung Pauh selalu dan terus mendorong pertumbuhan UMKM yang ada di Tanjung Pauh yang terdiri dari Home Industri, barang dan jasa.

"Terbukti dengan adanya UMKM di Tanjung Pauh sebanyak 58 UMKM yang terus berkembang dan sangat berpengaruh dalam hal penyerapan tenaga kerja khususnya bagi masyarakat Tanjung Pauh. Pemberdayaan masyarakat juga terlaksana melalui gerakan PKK dan LPM", ungkapnya.

Disisi lain saat ditemui setelah kegiatan berlangsung, Lidya Nugrahmi menyampaikan bahwa penilaian kelurahan berprestasi tahun 2021 ini dilakukan untuk memilih kelurahan terbaik untuk mewakili Provinsi Sumbar, untuk itu ada tujuh kriteria dalam penilaian yaitu bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang PKK, bidang kesejahteraan rakyat dan bidang ekonomi pembangunan.

"Mudah-mudahan Kelurahan Tanjung Pauh dapat mewakili Provinsi Sumatra Barat ditingkat Nasional nantinya." tutup Lidya mengakhiri. (Do)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru