Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh Laksanakan Rakor

PEMERINTAHAN-265 hit

PAYAKUMBUH - Satgas Covid-19 Kota Payakumbuh laksanakan Rakor terkait pelaksanaan PPKM berskala mikro

Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Payakumbuh beberapa hari terakhir ini, disikapi secara serius oleh satgas covid-19 Kota Payakumbuh. Peningkatan kasus yang terjadi pada tenaga kesehatan membuat keprihatinan dari berbagai pihak.

Rakor ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Kapolres Payakumbuh Alex Prawira dan diikuti oleh OPD terkait, Camat se Kota Payakumbuh, Lurah se Kota Payakumbuh dan Kepala Puskesmas se Kota Payakumbuh berlangsung di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Jumat (11/06).

Baca Juga


Sekda Rida Ananda menekankan supaya mengoptimalkan kembali kegiatan di posko PPKM mikro dan bagaimana bisa berjalan dengan baik agar kasus covid di Payakumbuh bisa ditekan kembali.

"Jangan main-main dengan covid, tolong lakukan penangan terbaik, jangan sampai kejadian seperti di India terjadi juga di daerah kita," kata Sekda Rida Ananda kepada media.

Sekda meminta kepada lurah agar terus berkoordinasi dengan Bhabinkamtipmas, Babinsa dan puskesmas untuk lebih aktif dan giat lagi mengontrol dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar selalu menerapkan 5M mengingat kasus aktif di Payakumbuh kembali melonjak.

"Kita minta lurah agar lebih aktif lagi, bikin strategi bagaimana agar masyarakat patuh dalam menerapkan protkes, jangan sampai orang yang positif dan isolasi berkeliaran, sehingga kasus aktif akan sulit untuk ditekan" ujarnya.

Selain itu Sekda juga menyampaikan kepada lurah agar secepatnya menuntaskan vaksinasi bagi masyarakat Kota Payakumbuh, agar masyarakat terlindung dari bahayanya virus corona.

"Kepada lurah agar mempercepat proses vaksinasi di kelurahan masing-masing, tolong data masyarakat kita dan segera laporkan ke Dinas Kesehatan agar bisa segera divaksin."

Termasuk untuk bantuan sembako bagi masyarakat yang positif Corona, ambil langkah cepat dengan berkoordinasi bersama dinas sosial, Ujarnya.

Sementara itu Kapolres Payakumbuh Alex Prawira dalam paparannya mengatakan siap untuk membantu dan membina agar posko PPKM berbasis mikro tersebut bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

"Apa yang bisa kami bantu dari pihak kepolisian silahkan sampaikan, kami siap membantu agar covid ini tidak berkembang luas di Payakumbuh,"

Alex menyampaikan, bahwa selama ini yang berjalan adalah satgas covid-19, belum posko PPKM. Oleh karena itu, kita perlu bentuk posko di kelurahan sampai ketingkat kota selaras pola kerjanya.

Kapolres sangat pro aktif bahkan akan mengawal dimana titik persoalan yang membuat kegiatan tidak berjalan. Begitu juga dengan realisasi dana covid, Alex berpesan jangan takut untuk membelanjakan anggaran, Karena aturannya sudah ada dan yang terpenting harus transparan.

Kita akan bicarakan hal ini dengan bapak Kejari Payakumbuh, agar semua kegiatan penanggulangan covid ini berjalan dengan lancar, dan anggaran terserap dengan baik.

Dalam paparannya, Kapolres Payakumbuh juga menyampaikan dengan detail, sampai ke struktrur organisasi PPKM mikro ini.

Posko PPKM mikro ini adalah keniscayaan, dan akan kita back up dengan posko tingkat kecamatan dan Kota. Sehingga fungsi pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung terlaksana dengan baik dalam menekan penyebaran covid-19 di Kota Payakumbuh.pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, acara Rakor juga dihadiri oleh Dir.Intelkam Polda Sumbar Bapak Kombes Pol. Heri Prihanto. S.IK.

Heri menyampaikan, kami ditugaskan oleh Bapak Kapolda untuk monitoring dan pengawasan pelaksanaan penanganan covid-19 di seluruh wilayah kerja Polda Sumbar, saya bersama tim ditugaskan untuk wilayah Payakumbuh.

Heri menyampaikan mendukung kegiatan yang dilaksanakan satgas covid-19 Kota Payakumbuh, termasuk di jajaran polres Payakumbuh.

Mari kita saling bekerjasama termasuk dengan tokoh masyarakat dalam menangani covid-19 ini. Dan jangan pernah ragu dalam hal penggunaan anggaran, maksimalkan agar penanganan covid juga berjalan dengan baik.

Untuk kota Payakumbuh, Heri menyebut terdapat 1.400 an kasus positif sejak awal covid ini melanda, dan angka kesembuhan sebanyak 1.300 an dan 1 persen angka kematian.

Ini menunjukkan sudah terdapat pola penanganan yang baik dari satgas covid-19 Kota Payakumbuh. Pungkasnya (Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru