LPK Vetaksindo Learning Center Hadir di Luak Limapuluah

PENDIDIKAN-328 hit

PAYAKUMBUH - Berawal dari keprihatinan melihat banyaknya tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menganggur atau tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi karena berbagai alasaan. Menggugah hati dari drh. Reni Novia, M,Si. Atas dasar itulah drh. Reni Novia yang lebih akrab di panggil Novia mendirikanLembaga Pelatihan Kerja (LPK) Vetaksindo Learning Center.

LPK Vetaksindo Learning Center, dibawah Yayasan Nyi Raisa Maharani Putri ini tertelak di pinggir Jalan Negara, Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara dengan memanfaatkan beberapa Ruko.

Menurut Novia dalam wawancaranya dengan Berita Minang (7/6), LPK Vetaksindo ada beberapa pilihan keterampilan yang bisa di pelajari diantaranya, Bisnis dan Usaha Penanganan Hewan Kesayangan, Bisnis dan Penanganan Hewan Besar, Bisnis dan Penanganan Hewan Perunggasan, dan Pelatihan Pemberdayaan Kelompok Tani Ternak.

Selain itu juga ada Penanganan Bisnis Penginapan (Hotel ,Homestay, dan Wisma), dan Bisnis dan Keterampilan Tata Rias, Salon, dan Kecantikan.

Dijelaskan Drh Novia, Para tamatan LPK Vetaksindo nantinya akan disalurkan langsung sesuai profesi dan ahli yang dimiliki. Saat ini LPK Vetaksindo telah bekerjasama dengan Klinik Hewan, Dokter Hewan, dan Farm di Sumatera Barat (Sumbar) maupun di luar Sumbar.

"Untuk Perhotelah kita Juga sudah kerjasama dengan beberapa Hotel Bintang Lima di Sumatera Barat dan Riau," ujar Novia.

Lebih jauh dijelaskan Novia di LPK Vektasindo kuliah satu tahun setara diploma satu. 4 bulan akan belajar teori dan 6 bulan dimagangkan di perusahaan yang sudah kerjasama. Sementara untuk Tenaga Pengajar berasal dari beberapa dosen dari perguruan tinggi ternama di Sumatera Barat. Kemudian juga ada dari pelaku usaha dan profesional.

Saat ini jumlah siswa yang belajar di LPK Vektasindo berjumlah puluhan orang yang berasal dari berbagai Kota dan Kabupaten di Sumbar.

"Saat ini sudah ada beberapa MOU dengan Pemerintahan Kabupaten Kota di Sumbar. Mereka berjanji akan memberikan Beasiswa bagi anak-anak yang belajar di LPK Vektasindo," ujar Novia.

"Selain sebagai tempat belajar, LPK Vektasindo juga menyediakan penginapan dan Petshop," ujar Novia mengakhiri. (Do)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru