Olah Sampah Jadi Energi, Pemko Padang Bahas Kerja Sama dengan Norwegia

PEMERINTAHAN-315 hit

PADANG - Wali Kota Padang Hendri Septa mengikuti kegiatan zoom meeting, Senin malam (8/6/2021) bersama Duta Besar (Dubes) RI untuk Norwegia Mr. Todung Mulya Lubis beserta tim kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Oslo, Norwegia.

Pembicaraan tersebut dalam rangka membahas peluang kerja sama yang bakal dilakukan antara Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat umumnya dengan Norwegia, mengenai pengolahan sampah menjadi energi.

Dikutip dari www.listrikindonesia.com,di negara Skandinavia seperti Swedia dan Norwegia bersaing memanfaatkan sampah rumah tangga untuk dijadikan bahan bakar penghasil listrik. Di Kota Padang juga diharapkan demikian, dimana sampah hasil limbah rumah tangga dapat menjadi sumber energi seperti energi untuk bahan bakar.

"Atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Padang kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dubes RI beserta tim atas respon yang diberikan guna membahas peluang kerja sama ini," ungkap Wako Hendri Septa dari kediaman resminya Jl. A.Yani No.11 Padang.

Wako Hendri berharap, dengan adanya peluang kerja sama ini akan membantu Kota Padang dalam pengolahan sampah ke depan. Dimana saat ini di Kota Padang lebih kurang 650 ton sampah dihasilkan setiap harinya.

"Bagi Pemerintah Kota Padang ini kesempatan yang sangat luar biasa. Tentu tidak akan kita sia-siakan, karena mereka menginginkan Padang menjadi pilot project atau role model untuk program waste to energy (sampah jadi energi) di Indonesia," ungkap Wako.

Hendri Septa menambahkan, jika kerja sama ini terwujud dengan baik maka banyak hal positif yang diperoleh Kota Padang, diantaranya, mengurangi jumlah sampah, mendorong tumbuhnya perekonomian karena membuka lapangan kerja dan memperbaiki lingkungan hidup.

"Sekali lagi atas nama pemerintah dan warga Kota Padang kami ucapkan terima kasih kepada Dubes RI beserta beserta tim kedutaan KBRI di Oslo, Norwegia. Kota Padang siap bekerja sama menyukseskan project luar biasa ini," pungkas Wako bersemangat.

Hadir mendampingi Wako Hendri Septa di Rumah Dinas, Kabag Kerjasama Erwin, Tenaga Ahli dari GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM), Mr Michell Rohmann dan secara virtual, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon.

Hadir juga, Founder REConnet Foundation, Arswendey selaku perwakilan Sumbar Indonesia untuk Norwegia dan Kepala DLH Sumbar Siti Aisyah, serta undangan lainnya. (Rel/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru