Kembali, Rutan Muara Labuh Solsel Gelar Pembinaan Kerohanian Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

PEMERINTAHAN-427 hit

PADANG ARO - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) kembali gelar kegiatan pembinaan kerohanian bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) setelah vakum sejak pelaksanaan saat bulan suci Ramadan 1442 H.

"Kegiatan kerohanian atau tausiyah agama Islam bagi WBP tersebut merupakan kegiatan rutin dalam rangka pembinaan kepribadian. Dengan harapan, para WBP selain dapat penguatan keimanan untuk beribadah juga untuk membangun prilaku lebih baik lagi, "harap Kepala Rutan Muara Labuh, Sarwono disela-sela kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rutan setempat, Kamis (3/6/2021).

"Pembinaan Kepribadian WBP khususnya Pembinaan Kerohanian merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselengarakan Rutan Kelas IIB Muara Labuh," katanya.

Baca Juga


Kepala Rutan kelas IIB Muara Labuh, Sarwono, menjamin kebebasan WBP melaksanakan kegiatan beragama sesuai dengan ajaran agamanya masing masing.

"Namun kondisi saat ini seluruh WBP disini Muslim, sehingga pembinaan kerohanian hanya khusus untuk Muslim," tukasnya.

Kegiatan tausiyah agama ini berlangsung di Aula Rutan Kelas IIB Muara Labuh yang disampaikan oleh Ustad Idris. Dalam tausiyahnya yang berjudul manfaat sholat sunnah dhuha, Ustad Idris menyampaikan isi dalam sebuah Hadis HR Muslim.

"Di setiap sendi seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua rakaat Dhuha diberi pahala," tuturnya.

Ustad Idris juga menyampaikan ada empat manfaat menjalankan sholat dhuha. Pertama, mendapat ampunan dosa. Kedua, terhindar dari Sifat lalai. Ketiga, Sedekah bagi Tubuh. Dan Keempat, membuka pintu rezeki. Ustad juga menghimbau agar warga binaan pemasyarakatan di Rutan Kelas IIB Muara Labuh agar mendirikan sholat sunnah disamping tidak meninggalkan sholat fardhu.

Ditambahkan Sarwono, para WBP sangat antusias mengikuti tausiyah agama, dan di akhir sesi tausiyah juga dibuka sesi tanya jawab bagi WBP maupun petugas Rutan Muara Labuh. Kegiatan dipandu Kasi pelayanan Rutan, Intan, pihak mengapresiasi Kepala Rutan yang sudah mendukung kegiatan kerohanian ini. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru