Duo Penghulu Payung Datuk Ninik Urang 6 Rumah Panduko Nan Panjang Sulit Air Dinobatkan

PERISTIWA-234 hit

SOLOK SULIT AIR- Dua pemimpin suku berpengaruh masing-masing Jadris Johar gelar Rangkayo Bungsu dilewakan sebagai Datuk Tumanggung dan H.Hanses gelar Lelo Bandaro sebagai Datuk Panduko Rajo Lelo, keduanya dari payung Datuk Ninik Urang 6 Rumah Panduko Nan Panjang, Persukuan Limo Panjang, keduanya dinobatkan sebagai penghulu di Rumah Gadang Datuak Tumanggung Pikontang, Jorong Koto Tuo, Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Senin (31/5/21).

Hendrizon P. Sinaro, kepada beritaminang.com mengabarkan,Selasa (1/6/), acara batagak panghulu di bawah payung Datuk Ninik Urang 6 Rumah Panduko Panjang Persukuan Limo Panjang tersebut sudah melalui prosesi rapek kaum menurut adat yang dipakai. Untuk merepresentasikan kesepakatan dan hasil musyawarah kaum penghulu yang dilewakan berhak pengenaan pakaian kebesaran Datuk Tumanggung dan Datuk Panduko Rajo Lelo.

Diutarakan Hendrizon P.Sinaro, Dengan malewakan Johar Rangkayo Bungsu sebagai Datuk Tumanggung, maka kekosongan pemimpin dikelompok pesukuan ini kembali terisi setelah satu tahun mengalami kekosongan karena pewaris sebelumnya Brigjen (Purn) H.Asmi Anwar yang juga pendiri Universitas Al-Hakim Sulit Air meninggal dunia. Dengan telah terisinya kembali pemimpin payung suku ini kaum suku Limo Panjang merasa berbahagia.

Sedangkan Johar Datuk Tumanggung yang baru dilewakan ini kini berdomisili di Pekanbaru, Riau. Beliau merupakan seorang pengusaha sebuah percetakan yang cukup dikenal anak kemenakannya dan ikut terlibat dalam organisas Sulit Air Sepakat (SAS).

Dikutip dari pernyataan Johar Datuk Tumanggung, sebagaimana disampaikan Hendrizon, Datuk Tumanggung ini siap untuk membimbing anak kemanakan dan memajukan pesukuan Limo Panjang dan Nagari Sulit Air yang lebih baik menurut adat istiadat yang dipakai, selain bagaimana berkontribusi dalam memajukan perekonomian dan pembangunan nagari Sulit Air dimasa datang.

Banyak harapan dan kebahagiaan masyarakat khususnya sanak saudara, anak kamanakan pasukuan Limo Panjang Johar Datuk Tumanggung dapat menjalankan fungsinya sebagai penghulu untuk melindungi anak kamanakan serta sako dan pusako yang ada selain mampu menciptakan program-program produktif dibidang pertanian, perkebunan dan perternakan untuk penguatan perekonomian masyarakat Nagari Sulit Air. (Iyos)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru