Nagari di Pessel Diminta Anggarkan Rp100 juta Untuk Ketahanan Ekonomi

PEMERINTAHAN-327 hit

Painan - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, menginstruksikan kepada seluruh wali nagari di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) agar mengalokasikan anggaran nagari sebesar Rp 100 juta untuk pembangunan ketahanan ekonomi masyarakat, pada tahun 2022.

"Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, perlu peningkatan produksi pertanian dan perkebunan, melalui penanam tanaman produktif seperti kelapa, kopi, kakao dan nilam," kata Bupati Rusma Yul Anwar, di Painan, Rabu (2/6).

Dikatakan, instruksi tersebut sesuai dengan surat gubernur Nomor 412.25/151/DPMD-2021, tanggal 19 Maret 2021 perihal arah kebijakan pemanfaatan dana desa untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga


Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, usai pencanangan pendataan potensi desa di Gedung Painan Convention Centre (PCC) Rabu (2/6).

Selaian itu, pihaknya juga akan mengoptimalkan pengolahan lahan terlantar menjadi lahan produktif, serta melakukan penguatan modal bagi usaha menengah kecil dan menengah dan mendorong peningkatan ekonomi di bidang pertanian, peternakan dan perdagangan. Untuk itu, bupati minta kepada wali nagari untuk melakukan pendataan lahan terlantar, jumlah UMKM dan potensi ekonomi nagari seperti Pertanian, perdagangan.

"Data tersebut harus sudah disampaikan kepada Dinas Pemberdayaang Masyarakat Nagari Pengendalian Penduduk dan KB, bulan ini," katanya.

Dia juga meminta kepada masyarakat agar semua lahan terlantar diolah menjadi lahan produktif yang tentunya disesuaikan dengan potensi.

Selain itu dia juga meminta wali nagari supaya melakukan pendataan dan penghitungan jumlah UMKM menurut jenisnya, agar juga bisa dilakukan penguatan modal. (Rnd/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru