Serunya Olimpiade Permainan Tradisional di Ganting Padang Panjang

OLAHRAGA-243 hit

PADANG PANJANG - Sebagai program penutup kepengurusan Karang Taruna GMG, Kelurahan Ganting yang berakhir pada Juni ini, mereka menggelar Olimpiade Permainan Anak Tradisional.

Permainan tradisional yang dilombakan antara lain permainan Cak Guricak, Pacu Gendong Kudo, Congklak, Golong-Golong dan permainan Kambing Serigala. Selain pertandingan, juga diadakan demo permainan tradisional bersama panitia, anak, dan masyarakat. Mereka mendemokan berbagai permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan dan nyaris terluapakan.

"Kegiatan juga diisi dengan kegiatan mendongeng oleh pendongeng Sumbar, Niki Martoyo. Story telling oleh Nadhifa Utami. Ini merupakan pengalaman baru bagi adik-adik di Ganting. Mereka sangat antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang disiapkan panitia," sebut Fauziah Husna, Selasa (1/6).

Olimpiade yang digelar pada 29 Mei lalu, tambah Penanggung Jawab Kegiatan, Richa Rahmatika untuk membudayakan kembali permainan rakyat kepada para anak-anak.

"Permainan rakyat ini mulai dilupakan bahkan jarang dimainkan anak-anak zaman sekarang. Kami generasi muda perlu memperkenalkan kembali permainan rakyat ini," ujar Richa.

Dalam sambutannya, Ketua Karang Taruna, Mulia Mitra Hadi, S.Pd berharap kegiatan ini bisa menjadi awal untuk menggelar kegiatan serupa yang lebih besar dan dapat menjangkau lebih banyak anak-anak di Kota Padang Panjang, Sumbar.

Selain diisi dengan berbagai macam permainan tradisional, kegiatan ini dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian. Di antaranya tari-tarian, teater, pantomim, prosesi Manyerakan Bareh Kunyik, Pasambahan Adat Manangahan Carano, pembacaan puisi, pencak silat, dan pertunjukan drama 'Surau, Lapau, dan Rantau' serta pertunjukan seni budaya lainnya. (Lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru