Sesar Sumatera dan Mentawai Bergeliat, 129 Gempa Terjadi Sepanjang Mei di Sumbar

PERISTIWA-272 hit

PADANG -Intensitas kegempaan di Sumatera Barat (Sumbar) cukup tinggi selama Mei 2021. Stasiun Geofisika Kelas 1 Padang Panjang dalam akun media sosial resminya merilis Selasa (1/6/2021), yakni sebanyak 129 gempa bumi terjadi di wilayah Sumbar sepanjang Mei 2021. Namun tidak semua gempa itu dirasakan getarannya.

Gempa bumi yang terjadi di bulan Mei diakibatkan aktivitas zona Subduksi, Sesar Sumatera dan Sesar Mentawai. Dari jumlah itu, terdapat 15 gempa yang dirasakan. Kebanyakan gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal atau memiliki kedalaman kurang dari 60 kilometer.

Data Stasiun Geofisika Padang Panjang menunjukkan, gempa tersebut hampir terjadi setiap hari. Gempa terbanyak yakni pada 14 Mei dengan catatan 41 kali gempa.

Baca Juga


Dari jumlah itu, tujuh gempa terjadi dengan magnitudo lebih dari 5. Sedangkan 104 gempa lainnya memiliki magnitudo antara 3 sampai lima, dan sisanya di bawah 3.

Dan memasuki bulan Juni ini, intensitas gempa di Sumbar terus terjadi. Gempa di awal Juni ini, dimulai dengan gempa darat Magnitudo 4,8 subuh Selasa (1/6/2021) di Pasaman, Sumatra Barat. Gempa berlanjut kembali bebera menit berselang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam aplikasi info gempa merilis, gempa ini tepatnya terjadi pada pukul 5:01:26 WIB pada kedalaman 5 kilometer.

Menurut BMKG, gempa berpusat pada koordinat 0,32 Lintang Utara dan 100,05 bujur timur. Pusat gempa, berjarak hanya sekitar 4 kilometer di sebelah barat daya Panti, Kabupaten Pasaman.(Rel/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru