Wako Padang Panjang dan Forkopimda Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

PEMERINTAHAN-228 hit

PADANG PANJANG - Meski dilaksanakan secara virtual di seluruh Indonesia, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dengan inspektur upacara Presiden RI, Ir. Joko Widodo berlangsung khidmat, Selasa (1/6).

Di Kota Padang Panjang, upacara diikuti secara daring oleh Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, Wakil Wali Kota, Drs. Asrul, Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemko, di ruang VIP Balaikota.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila harus dijadikan momentum mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga


"Mengingatkan bahwa tantangan ke depan tidak semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia yang semakin berkembang pesat harus turut diwaspadai. Sebab bukan tidak mungkin menimbulkan rivalitas nilai-nilai, pandangan-pandangan, dan ideologi yang ada di sebuah negara," katanya.

Dikatakannya lagi, revolusi 4.0 dan perkembangan 5G akan membuahkan interaksi dunia semakin cepat. Kecepatan interaksi ini, di satu sisi juga bisa ditunggangi oleh ideologi transnasional masuk ke seluruh kalangan. "Atas alasan itu, menekankan bahwa pendalaman Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Pancasila harus menjadi pondasi teknologi yang berkeindonesiaan," ujarnya.

Lebilh lanjut, Presiden mengajak seluruh kepala pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia, bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," pungkasnya. (harris/lex)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru