Perpustakaan SMAN 4 Bukittinggi Wakili Sumbar ke Tingkat Nasional

PENDIDIKAN-518 hit

BUKITTINGGI - Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi berhak mewakili Sumatera Barat dalam lomba perpustakaan SLTA Tingkat nasional

2021 tingkat Nasional Juni mendatang, setelah dinyatakan tim penilai tingkat Propinsi Sumatera Barat sebagai terbaik I ditingkat Sumatera Barat.

Keterangan Kepala SMA Negeri 4 Bukittinggi, Eli Noverma, kepada awak media kemaren mengatakan, keberhasilan Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional setelah mengikuti penilaian tingkat Provinsi pada April lalu.

Baca Juga


Untuk menghadapi penilaian tingkat nasional, SMA Negeri 4 Bukittinggi akan melakukan beberapa persiapan dan pembinaan. Diharapkan dukungan penuh Pemko Bukittinggi dan Pemprov Sumatera Barat lewat Dinas Pendidikan dan Dinas Pustaka Kearsipan-nya, ujar Eli.

Dengan melakukan persiapan dan pembinaan serta dukungan penuh dari Pemko Bukittinggi, Eli Noverma berharap dapat meraih juara di tingkat Nasional.

Kegiatan pembinaan sangat membantu tim Pustaka SMA Negeri 4 Bukittinggi untuk menjadikan perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi sebagai perpustakaan berstandar nasional.

Dikatakannya, Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi memiliki keunggulan berupa tiga klinik, Klinik tersebut antara lain, Klinik Konseling yang merupakan klinik layaknya 'rumah terapi' bagi siswa, dengan solusi berupa buku untuk memecahkan permasalahan seputar mental/psikologis yang dialami siswa.

Selanjutnya terdapat Klinik Minat Bakat yang merupakan tempat siswa mengembangkan minat dan bakatnya, terutama di bidang seni dan sastra. Terakhir, terdapatnya Podcast Sempati TV sebagai tempat latihan rekaman, siaran, pengambilan audio yang dapat melatih bakat siswa di bidang penyiaran (broadcasting), yang sudah dilengkapi dengan fasilitas audiovisual yang sudah dibenahi.

Disamping itu, SMA Negeri 4 Bukittinggi juga memiliki produk pengembangan literasi, yaitu Majalah SEMPATI yang memuat karya guru dan siswa, yang terbit secara kontinu setiap tahun.

Kepsek Eli juga menyebutkan, Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi telah memiliki banyak koleksi buku dengan judul sebanyak 67 ribu lebih, dengan koleksi buku elektronik (e-book) sekitar 1500-an yang bisa dipinjam dari mana saja. Menurut Kepsek Eli, koleksi buku di perpustakaan sekolah akan terus ditambah. Sebagian besar koleksi bukunya merupakan buku pengetahuan umum, buku kumpulan puisi siswa yang ber-ISBN, buku kumpulan cerpen siswa yang ber-ISBN dan tulisan ilmiah populer di surat kabar Harian Rakyat Sumbar dan surat kabar harian lainnya di Sumatera Barat. Tulisan ilmiah tersebut merupakan hasil karya siswa dan guru.

Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi beberapa waktu lalu juga telah menyelenggarakan event atau acara, antara lain Pemilihan Duta Perpustakaan, pembentukan Sahabat Perpustakaan, Lomba Majalah Dinding, Lomba Disain Logo dan sebagainya, ungkapnya.(Yus)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru