Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Kunjungi Peserta Acara Sosialisasi Pemajuan Kebudayaan

PEMERINTAHAN-203 hit

Painan - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, kunjungi dan bertemu dengan peserta acara sosialisasi pemajuan kebudayaan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jumat (28/5) di Hotel Anordio Painan.

Kedatangan Bupati Rusma Yul Anwar, disambut gembira oleh peserta sosialisasi. Pasalnya, mereka tidak menduga akan dikunjungi. " Pak bupati datang, kawan kawan pak bupati datang," kata salah seorang panitia.

Mengetahui bupati datang semua peserta berdiri dan berebut bersalaman dengan Bupati RusmaYul Anwar dan foto bersama.

Baca Juga


Bupati mengapresiasi kegiatan sosialisasi pemajuan kebudayaan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

"Semoga dengan adanya sosialisasi ini diharapkan pelestarian nilai-nilai budaya yang merupakan kearifan lokal di Kabupaten Pesisir Selatan pada umumnya, dan dimungkinkan juga kearifan lokal di sekitar sekolah pada khususnya dapat terlaksana dengan baik. Saya juga meminta agar peserta mengikuti sosialisasi ini dengan serius," pintanya.

Sementara itu Kasi Adat dan Tradisi Daerah, Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Syafnida mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan dimaksudkan guna peningkatan sumber daya manusia, lembaga dan pranata kebudayaan.

Kegiatan itu diikuti 225 orang yang terdiri dari kepala sekolah, guru seni budaya dan guru Penjaskes tingkat sekolah menengah pertama.

Dalam pelaksanaan sosialisasi dibagi menjadi tujuh angkatan, tiap tiap angkatan mengikuti sosialiasi satu hari.

" Sosialisasi angkatan pertama dilaksanakan 20 Mei lalu, angkatan ketujuh hari ini," kata Syafnida.

Ditambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter yang berbasis pemainan dan seni tradisional lokal Kabupaten Pesisir Selatan kedalam kurikulum mata pelajaran yang relevan.

Hal itu dilakukan dalam rangka pelestarian nilai-nilai budaya yang merupakan kearifan lokal di Kabupaten Pesisir Selatan pada umumnya, dan dimungkinkan juga kearifan lokal di sekitar sekolah pada khususnya.

Dengan demikian diharapkan terbentuknya karakter peserta didik sesuai dengan unsur-unsur budaya yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

Hal ini katanya, juga mendukung Pendidikan Tacelak yaitu pendidikan yang tangguh, cerdas dan berakhlak dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan menuju Pasisia Rancak.

"Narasunber berasal dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sumatera Barat dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Barat," ungkapnya.(Rnd/Je)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru