Peran Humas dalam Mempromosikan Sekolah Dimasa Pandemi

SELINGAN-204 hit

HubunganMasyarakat (Humas) merupakan suatu sarana yang dapat mengelola dan menghubungkan antara sekolah dan masyarakat, mempertahankan reputasi dan komunikasi yang baik dan bermanfaat antara organisasi dan masyarakat yang terdapat didalam lembaga pendidikan, kerja sama lembaga pendidikan dengan masyarakat sangat ditekankan dengan jalan menjalin komunikasi dan hubungan baik. Di zaman kemajuan teknologi ini hubungan masyarakat atau sering disebut dengan humas menjadi salah satu faktor pendukung kemajuan sebuah lembaga pendidikan, maka peran humas sangat diperulukan sebagai layanan publik untuk memberikan informasi yang jelas. Hal ini terbukti dengan adannya lembaga pendidikan yang berkembang saat ini. Selain itu, tujuan humas adalah untuk menciptakan reputasi positif dan menjaga hubungan dengan baik antar organisasi atau menciptakan persepsi masyarakat terhadap perkembangan sebuah lembaga pendidikan,.Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan langkah-langkah yang kreatif, efektif

Langkah yang pertama yaitu Promosi merupakan salah satu langkah yang dapat di tempuh dalam melakukan hubungan masyarakat antara pendidikan dan masyarakat (publik) sehingga perkembangan sebuah lembaga pendidikan dapat diketahui oleh masyarakatsebagai konsumennya. Promosi yang dimaksud disini ialah langkah-langkah yang dilakukan oleh sekolah untuk memperkenalkan atau memberikan persepsi positif kepada masyarakat terhadap sebuah lembaga pendidikanOleh sebab itu promosi merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh dalam melakukan hubungan antara sekolah dengan masyarakat. Selain itu, juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap sekolah sebagai lembaga pendidikan.

Sehingga masyarakat tidak beranggapan bahwa sekolah hanya sebagai lembaga yang melahirkan lulusan yang pengangguran dan mengurangi persepsi terhadap tenaga pendidikan yang sebagian menganggap kurang bermutu dan hanya melakukan kekerasan kepada peserta didik serta permasalahan-permasalahan lainnya. Pembicaraan ini yang seharusnya tidaklah terjadi, maka dari itu tugas humas sebagai bagian dari lembaga pendidikan untuk melakukan komunikasi dan pemberian pemahaman pada masyarakat, dapat di tempuh dengan promosi pendidikan. Untuk itu promosi sekolahsangat penting dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan.

Pada masa Pandemi Covid-19 sekarang ini, promosi sekolah bagi humas menjadi tantangan untuk mempromosikan sekolahnya. Dampak virus covid19 yang menyebar di Indonesia sejak awal februari hingga pada saat ini yang belum menunjukkan grafik menurun, dengan adannya virus ini membuat humas sekolah berfikir keras mempertahankan kualitas layanan terbaiknya kepada masyarakat. Dengan adannya Covid-19 ini , baik dalam bidang ekonomi, sosial, politik, pendidikan, dan bidang lainnya akan memengaruhi masyarakat dalam memilih dunia pendidikan di masa yang akan datang. terutama lembaga pendidikan Islam swasta, baik pada jenjang/setara SD, SMP, maupun SMA, yang bergantung pendanaan utamanya secara mandiri akan terasa berat.

Pada era masa pandemi ini humas juga berperan sangat penting membantu akan kerberlangsungan serta kualitas pembelajaran yang ada disekolah. Hal ini disebutkan oleh pakar humas pendidikan Yosial Iriantara dalam bukunya berjudul "Manajemen Strategis Public Relations". Yosial mengatakan bahwa kualitas pendidikan juga dipengaruhi bagaimana sekolah dapat menyampaikan tujuan lembaganya pada publik (siswa & wali siswa) secara baik, karena pendidikan tidak hanya berbicara pada lembaga, namun berbicara tentan kerjasama yang selaras antara lembaga dengan stakeholder (Penerima manfaat). Disinilah uji eksistensi humas lembaga dipertaruhkan kualitasnya, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

Di era covid 19 inilah Humas memegang peran sebagai mercusuar divisi manajemen yang bertugas menyajikan ruang-ruang berbasis online yang dibutuhkan oleh konsumen pendidikan yaitunya orang tua dan calon peserta didik. Humas juga dapat menghidupkan konten media sosial untuk mempromosikan lembaganya didalam sarana yang sudah ada seperti website atau media sosial online lainya.Humas menjadi harapan lembaga sebagai satu-satunya bagian yang mampu menyampaikan tujuan lembaga kepada publik melalui informasi-informasinya. Kemampuan humas dimasa pandemi ini sangat uji dan harus mampu bertransformasi untuk menjalankan tujuan lembaga pendidikan.

(***) Oleh: Dr.Hj.Demina,M.Pd.,Firman,M.Pd.I, Putri Wulandari, Lara Yulia Fista (Dosen dan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Batusangkar)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru