Shalat Gerhana Bulan di Masjid Raya Sumbar Dimulai Setelah Magrib

PERISTIWA-389 hit

PADANG - Sore ini, pelaksanaan Shalat gerhana akan dilakukaan do Masjid Raya Sumatera Barat. Shalat Gerhana Bulan Total atau Shalat Sunnah Khusuf, Rabu, 26 Mei 2021 akan dilakukan dilakukan setelah Shalat Magrib.

Pengurus Harian Masjid Raya Sumbar, Sobhan Lubis saat dihubungi di Padang, Selasa, 25 Mei 2021.

"Kita laksanakan besok setelah Salat Magrib. Namun untuk info imam dan khatibnya akan kita kabarkan secepatnya," katanya sebagaimana dilansir katasumbar.com. Ia menuturkan pelaksanaan salat tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sebelumnya, BMKG telah merilis bahwa Gerhana bulan total akan terjadi Rabu, 26 Mei 2021 sejak sore hari. Saat terjadi gerhana bulan, maka kita akan melihat bulan bewarna merah atau terkenal dengan super blood moon. Sumatera Barat juga sebagai salah satu wilayah yang dapat melihat itu, namun hanya pada Gerhana Bulan Sebagian.

BMKG menyebutkan, untuk wilayah Sumatera Barat, hanya dapat melihat Fase (U4) Gerhana Bulan Sebagian yang berakhir pukul 19.52.48 WIB, yang juga bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Kemudian Fase akhir (P4) Gerhana Bulan yang berakhir pukul 20.51.14 WIB, yang juga bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Seluruh proses gerhana, sejak fase awal (P1) hingga fase akhir (P4) akan berlangsung selama 5 jam 5 menit dan 2 detik. Sedangkan proses gerhana totalnya, sejak awal fase total (U2), puncak total hingga akhir fase total (U3) akan berlangsung selama 18 menit 44 detik.

Untuk wilayah Sumatera Barat, ada empat wilayah yang bisa menyaksikan Gerhana Bulan Total secara full, yakni Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Dharmasraya. (MR)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru