Camat Sungai Pagu Solsel Lepas Tim Relawan Data IDM Berbasis SDGs di Nagari Bomas

PEMERINTAHAN-397 hit

PADANG ARO - Camat Sungai Pagu, Rolly Almar, lepas tim Kelompok Kerja (Pokja) Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) di Nagari Bomas, Selasa (18/5/2021).

"Setahu kami, nagari ini adalah yang pertama untuk menurunkan tim Data IDM berbasis SDGs di Kecamatan Sungai Pagu. Bahkan untuk Solok Selatan, nagari Bomas adalah yang pertama menurunkan tim IDM berbasis SDGs ini," kata Rolly Almar mengawali sambutannya ketika melepas tim Data SDGs Nagari Bomas tersebut dikantor wali nagari setempat.

Hadir saat melepas tim tersebut, Wali Nagari Bomas, Yuli Herman, Anggota Bamus Nagari, Sekretaris Nagari, Helfi Yunasri, Bhabinkamtibmas, Bripka Riki Andrea, Babinsa, Irwandi, Pendamping Lokal Desa (PLD), Yulismanida, serta seluruh perangkat nagari dan anggota tim.

Baca Juga


Rolly Almar mengapresiasi Pemerintahan Nagari Bomas yang telah membentuk tim Pemutahiran Data IDM dan SDGs itu. Semoga tim ini akan dapat bekerja profesional dan jangan sampai ada data yang tertinggal.

"Melalui tim ini akan terwujud data valid dinagari yang dapat dipergunakan oleh Kementerian Desa, PDTT & Transmigrasi RI, " tambah Rolly Almar.

Pasalnya hasil pendataan yang dilakukan tim ini akan terkoneksi lansung ke pusat. Sehingga Pemerintah Pusat akan dapat mempergunakan data itu untuk perencanaan pembangunan Nasional berkelanjutan.

"Maka dari itu, kepada semua tim relawan diharapkan dapat mendata dengan baik dan jangan sampai ada yang terringgal," harap Rolly.

Rolly Almar juga berharap kerjasama dan dukungan dari mitra kerja Pemerintahan Nagari seperti unsur PLD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, serta kerjasama dari masyarakat nagari dan berbagai unsur masyarakat.

"Masyarakat harus jujur menyampaikan informasi kepada Tim Pokja sehingga data yang dihasilkan itu benar-benar akurat dan sesuai fakta di lapangan," pinta Rolly.

Kedepan, tentu nagari ini akan terwujud pembangunan yang tepat sasaran serta berdaya guna untuk kesejahteraan masyarakat nagari, " demikian Rolly.

Sementara itu, Wali Nagari Bomas Yuli Herman menjelaskan, bahwa tim Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun berbasis SDGs Nagari Bomas Tahun 2021 ini akan menuntaskan empat sasaran kusioner. Diantaranya Data Desa, Data Jorong, Data KK dan Data Individu warga masyarakat.

"Tugas Tim Relawan IDM berbasis SDGs kali ini bakal melakukan pendataan dengan empat sasaran kusioner. Hal ini dilakukan sesuai tujuan pemutahiran data berbasis SDGs Desa tahun 2021 dan merujuk pada Permendesa PDTT Nomor 21 tahun 2020," kata Yuli Herman.

"Sementara tim yang terlibat dapat melakukan pendataan antara lain, Ketua Bamus Nagari selaku Wakil Ketua Tim, dan Sekretaris Nagari selaku Koordinator Tim," kata Yuli Herman yang merupakan Ketua Tim Relawan Pemutahiran Data IDM berbasis SDGs Nagari setempat.

Sedangkan anggota tim yang terlibat mendukung kegiatan, menurut Yuli Herman diantaranya, Perangkat Nagari / Bidang Terkait, Kepala Jorong, Karang Taruna, PKK, Mahasiswa/wi berasal dari Nagari setempat. Selain itu tim juga diperkiat oleh Mitra Pendamping dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Pendamping Lokas Desa (PLD).

Adapun total anggota tim yang didanai dengan APB Nagari itu menurut wali nagari berjumlah sebanyak 22 orang. Semoga semua target yang sudah direncakan akan dapat terselesaikan sesuai harapan.

"Melalui pendataan ini akan menghasilkan data Nagari yang valid, sehingga dapat menghasilkan profil Nagari yang akurat untuk perencanaan dan pembangunan Nagari ini kedepannya," harap Yuli Herman.

Kepada Camat Sungai Pagu, Yuli Herman atas nama Pemerintahan Nagari dan masyarakat nagari mengharapkan dukungan, dan sekaligus mengucapkan terimakasih atas segala perhatian dan kerjasamanya. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru