Selama Ramadan dan Lebaran, Tindak Pidana di Padang Menurun

PADANG - Selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah / 2021 Masehi, tindak pidana di wilayah hukum Polresta Padang mengalami penurunan.

"Penurunan bisa dikatakan sekitar 80 hingga 90 persen, sangat menurun. Tahun lalu curanmor (pencurian kendaraan bermotor), jambret, dan copet itu bisa sehari 10 laporan masuk," kata Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda, dalam keterangannya, Selasa (18/5).

Dikatakan, kalau terkait aksi kejahatan seperti aksi jambret tetap ada saat bulan Ramadan, namun itu semua bisa terungkap dan berhasil menangkap pelaku dengan peran personel buru sergapnya yang diberi nama "Tim Klewang".

Baca Juga


Lanjutnya, selama bulan suci Ramadan ini pihaknya telah mengungkap 20 kasus. Dan mayoritas, para pelaku juga berhasil ditangkap.

"Tahun lalu bisa dikatakan penangkapan kurang, aksi tindak pidana banyak. Kalau sekarang penangkapan banyak dari laporan lama, tapi aksi kejahatan saat Ramadan dan lebaran kurang," ujarnya.

Sebelumnya, semenjak Polresta Padang meluncurkan Tim Klewang, penamaan dari unit buru sergap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) sejumlah kasus tindak pidana diungkap dan kian berkurang. Apalagi, spanduk bertuliskan layanan pengaduan ke nomor handphone 0821-3222-3365 disebar di sejumlah titik dan sudut di Kota Padang.

"Tim Klewang ini beranggotakan 18 personel buru sergap yang dibagi menjadi dua tim. Adanya Tim Klewang tersebut sebagai wujud kita menuju Kota Padang bebas dari tindak kriminalitas," tuturnya. (Rel/Je)

Sumber:tribratanews.sumbar.polri.go.id

Loading...

Komentar

Berita Terbaru