Al-Aqsa: Seandainya Waktu Bisa Diputar

PERISTIWA-351 hit

WASHINGTON, DC (16/5) - Agustus 1990, dua bersaudara resepsionis warga Palestina di sebuah hotel di Amman, Jordan tahu bahwa saya akan ke Jerusalem. Mereka kemudian meminta saya untuk membawa barang titipan untuk saudara mereka di Palestina yang telah terpisah selama puluhan tahun.

Dengan senang hati saya membawanya dan akan diambil oleh saudara mereka di perbatasan Jordan-Israel, dekat Allenby Bridge, tidak jauh dari kota Jericho.

Setelah melintasi perbatasan, barang titipan berupa pakaian dan keperluan lainnya diambil oleh keluarga Palestina ini. Saya kemudian melanjutkan perjalanan ke Jerusalem.

Di dalam mobil saya merenung, sudah sekian lama keluarga Palestina ini tidak bertemu dan hanya bisa menitipkan barang lewat orang yang akan menyeberang perbatasan yang dijaga ketat tentara Israel.

Seandainya waktu bisa diputar kembali, saya ingin melakukan hal yang sama. Tidak peduli apakah anda pro-Israel atau pro-Palestina, saya hanya ingin melakukannya atas dasar kemanusiaan. Dan saya juga ingin foto lagi di depan Dome of the Rock (Haram al-Sharif) di depan Masjid Al-Aqsa. (***)

By: Irawan Nugroho (Washington, DC)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru