Generasi Muda Jorong Kampung Palak Muara Labuh Gelar Pacu Biduak

PARIWISATA-2260 hit

PADANG ARO -Kembali kelompok pemuda-pemudi Jorong Kampung Palak, Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), gelar kegiatan "Pacu Biduak" (Pacu Sampan) di Sungai Batang Suliti yang mengalir di daerah setempat.

"Kita ingin jadikan kegiatan "Pacu Biduak" ini sebagai kalender tahunan pemuda-pemudi di setiap hari raya usai bulan puasa," kata Ketua Pelaksana Nofrianto didampingi Humas Kegiatan Belly Novi Wandra, Sekretaris Kegiatan Renod Surya Adinata dan Bendahara Anggi Purnama, usai pelaksanaan kegiatan hari pertama, Jumat (14/5/2021).

Sesuai dengan tradisi sejak tiga tahun belakangan ini, pada hari raya idul fitri, para pemuda dan pemudi di Jorong Kampung Palak sudah melaksanakan kegiatan Pacu Biduak atau Pacu Sampan.

Baca Juga


"Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan hari kemenangan idul Fitri dan sekaligus sebagai hiburan rakyat," tambahnya.

Sepenuhnya kegiatan ini didukung oleh Ketua Karang Taruna Nagari Pasir Talang Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Fauzan Subandi, S.Pd., mulai dari perencanaan kegiatan hingga penggalangan dana kegiatan dan hadiah bagi pemenang.

Masih menurutnya, perlombaan pacu biduak dilaksanakan mulai hari raya kedua Idul Fitri 1442 H/2021 M (Jumat-red) sampai Minggu (16/5/2021). Sedangkan pesertanya berasal dari beberapa kelompok pemuda dan pemudi dari Jorong tetangga.

"Masing-masing peserta terdiri dari empat orang putra dan putri untuk satu biduak (sampan) dan peserta akan dipungut uang pendaftaran sebesar Rp 25 ribu. Sementara untuk pemenang, panitia menyediakan hadiah uang tunai," tambahnya. Nofrianto alias Tadiu.

"Kegiatan lomba ada kelompok putra dan putri. Pada hari pertama dan kedua dilakukan babak penyisihan, dan finalnya atau puncak kegiatan adalah minggu (16/5/2021) nanti," pungkasnya.

Ditempat terpisah, Ketua Karang Taruna Nagari Pasir Talang Selatan, Fauzan Subandi, S.Pd., mendukung penuh agenda pacu biduak yang digelar pemuda dan pemudi Kampung Palak.

"Ini adalah kegiatan yang bernilai hiburan dan olahraga, serta dapat dijadikan sebagai ikon permainan anak Nagari untuk mendukung pembangunan pariwisata nagari," kata Fauzan Subandi.

"Kegiatan ini akan kita jadikan sebagai agenda rutin anak nagari, serta akan dijadikan sebagai ikon pariwisata nagari. Kedepan kita benahi dan usulkan beberapa kebutuhan yang diperlukan untuk kegiatan pacu biduak ini," tambah Fauzan.

Fauzan juga mengucapkan terima kasih pada para perantau dan berbagai lapisan masyarakat yang telah mendukung kegiatan pemuda/i Jorong Kampung Palak ini. AA

Loading...

Komentar

Berita Terbaru