Prof. Dr. Alnedral, M.Pd.: Kapabilitas, Kredibilitas Pengurus Kunci Keberhasilan Prestasi Olahraga

PENDIDIKAN-751 hit

Padang-Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi yang didukung oleh sains dan teknologi keolahragaan. Selain itu, kualitas diri atlet yang bermental juara dan sesuai tercermin melalui nilai-nilai luhur olahraga.

Demikian hal penting untuk pembinaan olahragawan secara berkelanjutan disampaikan oleh Dekan FIK UNP Prof. Dr. Alnedral, M.Pd. kepada wartawan portal beritaminang.com di Kampus UNP Air Tawar Padang pagi ini, Rabu (5/5). Kamis besok, Prof. Dr. Alnedral, M.Pd. yang juga Dekan FIK UNP adalah salah seorang dosen Universitas Negeri Padang yang akan dikukuhkan sebagai guru besar.

Menurut Prof. Dr. Alnedral, M.Pd., terdapat korelarsi signifikan antara prestasi keolahragaan nasional dengan kedudukan harkat dan martabat bangsa serta kolerasi searah antara prestasi dengan kepribadian personal atlet. Kata Prof. Alnedral lagi, dalam pembinaan prestasi, aspek kejiwaan atlet harus disentuh secara maksimal karena kejiwaan merupakan pondasi dalam bertindak dan berlatih.

Baca Juga


"Jadi, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi fondasi utama bagi pengembangan kualitas sumber daya manusia masa datang yang selanjutnya ditransformasikan pada kepembinaan atlet. Untuk itu, perlu strategi khusus transformatif yakni strategi BMB3 (berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab) agar penanaman nilai moral karakter-cerdas dapat diimplementasikan dalam setiap kegiatan pelatihan dan pembelajaran yang diarahkan untuk mencapai prestasi atlet," tambah Prof. Dr. Alnedral, M.Pd.

Untuk itu, kata Prof. Dr. Alnedral, M.Pd., proses pencapaiannya harus dilakukan secara bertahap, sistematis dan terancana serta dilakukan oleh orang yang tepat pada saat yang tepat dan dengan metode yang tepat. Tambah Prof. Alnedral, induk organisasi merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam pembinaan pretasi nasional.

"Untuk itu, salah satu tugas utama induk organisasi adalah pembinaan atlet. Oleh karena itu, kapabilitas dan kredibilitas para pengurus merupakan kunci utama keberhasilan pembinaan. Sutradara dan aktor utama dalam pembinaan adalah pelatih dan atlet sebagai objek pembinaan. Melalui dukungan sentuhan teknologi dan pendekatan sport sains, serta aspek pendanaan yang baik, maka pembinaan akan berjalan dengan baik," tambah Dekan FIK UNP Prof. Dr. Alnedral, M.Pd.

Pada kesempatan itu, Dekan FIK UNP Prof. Dr. Alnedral, M.Pd. mengemukakan aspek pemassalan dan pembinaan induk organisasi dari unsur terkecil hingga terbesar merupakan syarat mutlak dalam upata peningkatan prestasi nasional. Pada akhirnya, kata Prof. Alnedral, prestasi nasional akan berbanding lurus dengan kualitas diri atlet yang berimbas pada kualitas hidup anak bangsa dan melalui pembinaan olahraga, maka akan terbentuk masyarakat yang memiliki karakter mulia yang sesuai dengan nilai-nilai dalam olahraga.

Selain itu kata Dekan FIK UNP Prof. Dr. Alnedral, M.Pd. prestasi keolahragaan nasional merupakan tolak ukur keberhasilan sebuah negara. Kata Alnedral, untuk itu diperlukan upaya pencapaian prestasi melalui pembinaan yang berjenjang dari level daerah hingga level internasional. (ET)

Loading...

Komentar

Berita Terbaru